Cara upgrade kartu Tri dari 3G ke 4G sendiri dengan mudah dan cepat

Mengupgrade kartu Tri yang awalnya memiliki jaringan 3G menjadi 4G dan dilakukan oleh sendiri ternyata mudah dan lebih hemat waktu dan biaya.

Cara ini bisa dilakukan di rumah dengan modal sekitar 5 ribu rupiah saja dan hanya membutuhkan waktu sebentar yang tidak lebih dari 10 menit.

Walaupun demikian, cara ini membutuhkan ketelitian karena masih banyak orang yang walaupun sudah mengikuti tutorial akan tetapi masih saja gagal sehingga beberapa dari mereka mendapati kartunya tidak bisa digunakan, baik itu kartu lama 3G maupun kartu baru 4G.

Hal tersebut menurut aLez, kemungkinan dikarenakan saat memasukkan chip atau kartu baru 4G waktu yang dihabiskan terlalu lama karena dalam pesan SMS operator memberikan kode yang harus diketikkan di kartu baru 4G di mana kode ini hanya berlaku selama 5 menit.

Sementara itu, kartu lama 3G akan dinonaktifkan dan tidak akan bisa digunakan setelah kita mengetikkan OK sehingga aLez menyarankan supaya jangan dulu mengetikkan OK sebelum kode rahasia dikirimkan.

Solusinya jika terjadi seperti ini, dalam arti kartu baru 4G tidak aktif setelah ditunggu berjam-jam dan kartu lama 3G pun sudah dinonaktifkan maka kita boleh hubungi customer care terlebih dahulu.

Untuk mengetahui kartu aktif atau tidak, kita boleh melihat bar sinyal atau nama operator seluler yang muncul di handphone. Jika muncul maka itu tandanya kartu aktif.

Namun apabila kita tak ingin repot maka kita boleh pergi ke gerai Tri dengan membawa identitas yang diperlukan lalu kita cukup mengatakan bahwa kita ingin mengupgrade kartu 3G ke 4G.

Baiklah, di sini aLez akan bagikan pengalaman melakukan upgrade kartu Tri dari 3G ke 4G tanpa gagal namun tentunya menggunakan trik khusus supaya proses langsung berhasil dan cepat.

1. Pertama, siapkan dulu kartu khusus upgrade atau boleh juga disebut kartu perdana upgrade Tri. Kartu ini adalah kartu kosong yang khusus untuk melakukan upgrade.

Kita dapat membelinya di konter pulsa yang menyediakan di mana harganya sekitar 5 ribuan. Atau jika ingin lebih murah, kita boleh membelinya di situs belanja online di mana harga termurah yang aLez pernah beli adalah Rp1.200 untuk satu kartu sehingga aLez membeli dua sebagai persediaan seandainya kartu upgrade pertama gagal atau setidaknya tidak bisa digunakan.

2. Siapkan dua handphone jenis apapun, baik itu fitur phone atau handphone biasa maupun smartphone.

3. Pasang kartu lama 3G di handphone pertama lalu nyalakan handphone.

4. Pasang kartu upgrade di handphone kedua namun handphone jangan dinyalakan.

Perlu diingat juga bahwa kemasan kartu upgrade jangan dibuang karena itu berisi nomor yang kita perlukan untuk melakukan upgrade.

5. Pada handphone pertama, buka pembuat pesan lalu ketik SMS dengan format SIM spasi 20 digit nomor yang ada di kemasan kartu upgrade, kirim ke 123 dan tunggu balasan dari operator. Contohnya boleh dilihat pada gambar di bawah ini.

6. Akan muncul pesan balasan dari 765 yang berisi panduan melakukan upgrade yang intinya sebagai berikut :

  • Kita perlu membalas pesan dari 765 tersebut dengan mengetikkan OK maka setelah itu kartu tersebut akan dinonaktifkan.

    Namun kembali aLez ingatkan supaya jangan dulu mengetikkan OK sebelum kode rahasia diterima.

  • Jangan berpindah tempat saat melakukan upgrade atau selama proses upgrade berlangsung.

  • Dalam pesan berikutnya dari 765, operator memberikan kode rahasia untuk aktivasi kartu SIM 4G yang nanti akan kita gunakan di kartu baru 4G di mana kode ini hanya berlaku selama 5 menit.

    Namun apabila kode rahasia tidak disertakan dalam pesan dan belum juga diterima dalam waktu lebih dari 5 menit maka kemungkinan kode akan dikirimkan ke kartu baru 4G.

7. Balas pesan dari 765 tersebut dengan mengetikkan OK maka kartu lama pun dinonaktifkan oleh operator dengan ciri bar sinyal hilang.

8. Setelah kartu lama dinonaktifkan maka kita langsung saja menyalakan handphone kedua yang dipasang kartu baru 4G di mana biasanya bar sinyal sudah muncul sehingga kita dapat mengirim dan menerima pesan.

9. Jika kode aktivasi 4G sudah dikirimkan di kartu lama sebelumnya maka kita hanya perlu mengirim pesan ke 765 dengan format CODE spasi kode rahasia. Contohnya boleh dilihat pada gambar di bawah ini.

Namun jika kode aktivasi belum dikirimkan di kartu lama maka kita boleh tunggu saja beberapa menit hingga pesan berisi kode aktivasi dikirimkan ke kartu baru 4G untuk kemudian membalasnya dengan format CODE spasi kode rahasia.

10. Tunggu beberapa menit, jika berhasil maka akan muncul pesan balasan yang memberitahukan bahwa kita telah berhasil melakukan upgrade.

Selesai, kamu dan Tri siap berbisnis.

Catatan

Dalam praktiknya, aLez mendapati kode rahasia untuk aktivasi dikirimkan melalui SMS oleh 765 ke kartu lama sebelum dinonaktifkan bahkan sebelum membalasnya dengan mengetikkan OK.

Kemudian pada handphone kedua, bar sinyal sudah muncul sehingga dapat mengirim pesan SMS ke 765 dengan mengetikkan kode rahasia.

Sesuai perintah operator bahwa handphone harus dimatikan sebelum aktivasi 4G sehingga apabila kita melakukan upgrade menggunakan handphone dual sim dan hanya menonaktifkan jaringan seluler maka proses upgrade memang bisa berhasil namun jaringan 4G tidak akan muncul. Sebagai gantinya, handphone tetap harus dimatikan dulu. Setelah handphone menyala kembali maka jaringan 4G akan muncul.

© aLez

Tentang Penulis :

Hai, Saya adalah seorang blogger yang senang mempelajari berbagai macam hal, terutama seni, teknologi, dan ilmu pengetahuan umum. Saya membuat blog ini bertujuan untuk berbagi hal yang bermanfaat, termasuk hal yang telah saya pelajari.

Artikel Terkait

Post Terbaru Post Sebelumnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar