Pengalaman top up saldo Dana dan ShopeePay di Alfamart dan konter pulsa

Mengisi saldo atau top up saldo Dana dan ShopeePay bisa dilakukan melalui berbagai macam cara, namun di sini aLez akan berbagi pengalaman mengenai top up saldo kedua e-wallet atau dompet digital tersebut melalui Alfamart dan konter pulsa.

Semua logo adalah milik perusahaan terkait

Kedua cara top up, baik melalui Alfamart maupun konter pulsa memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing sehingga menurut aLez pribadi keduanya boleh digunakan secara rutin namun sesuai keperluan.

Baik, supaya lebih jelas mengenai cara mana yang baik digunakan saat akan melakukan top up maka aLez akan beritahukan kekurangan dan kelebihannya berdasarkan pengalaman.

Sebagai catatan bahwa aLez menggunakan akun Dana Premium dan ShopeePay Plus.

Top up Dana melalui Alfamart

Update

Mengisi saldo ShopeePay dan Dana di Alfamart kini tak lagi gratis karena ada biaya admin. Informasi selengkapnya boleh dilihat di artikel terbaru: top up saldo e-wallet di Alfamart kini dikenakan biaya admin.

Pertama kali mengisi saldo Dana, aLez melakukannya di Alfamart. Nominal yang boleh diisi adalah 50ribu dan kelipatannya seperti 100, 150, 200 dan seterusnya di mana saat itu aLez mengisinya sebesar 250ribu.

Tidak ada biaya apapun, kita hanya membayar sejumlah uang yang digunakan untuk top up.

Untuk cara mengisi saldo Dana melalui Alfamart sudah dijelaskan secara rinci di aplikasi Dana. Kita hanya perlu memilih menu isi saldo, kemudian pilih Alfamart. Kemudian akan muncul halaman yang berisi tata cara melakukan top up.

Sebagai contoh, aLez melakukannya seperti ini :

1. Pergi ke Alfamart.

2. Sambil mengantri, buka aplikasi Dana.

3. Pada aplikasi Dana :

Pilih Isi Saldo » gulir ke bawah, ketuk pilihan berlogo Alfamart » akan muncul nomor akun Dana.

4. Ketika tiba giliran atau kasir telah kosong, katakan ke kasir bahwa kita ingin melakukan top up akun Dana.

5. Tunjukkan ke kasir nomor yang muncul di aplikasi Dana.

6. Kasir akan menanyakan nominal saldo yang akan diisi.

7. Selesai, saldo akun Dana akan terisi dengan cepat lalu bayar sesuai nominal top up.

Top up Dana melalui konter pulsa

Tidak semua konter pulsa menyediakan jasa top up e-wallet, seperti contohnya konter pulsa langganan aLez tidak menyediakan jasa ini sehingga aLez melakukan top up di konter lain.

Salah satu kelebihan mengisi saldo Dana di konter pulsa yaitu kita dapat memilih nominal secara bebas, baik itu 5ribu, 10ribu, 15ribu, 20ribu dan hingga seterusnya.

Sedangkan untuk kekurangannya yaitu dikenakan biaya yang biasanya sebesar 2000 rupiah, sama seperti kita membeli pulsa.

Namun biaya tersebut adalah untuk nominal top up yang kecil, biasanya 100ribu ke bawah karena berdasarkan pengalaman saat itu aLez mengisi saldo sebesar 75ribu dan hanya dikenakan biaya 2000 rupiah.

Sementara untuk nominal yang besar, aLez tidak ingin mencobanya karena pernah suatu saat mengisi saldo ShopeePay sebesar 650ribu dikenakan biaya 75ribu sehingga ini juga mungkin berlaku untuk Dana.

Top up ShopeePay melalui Alfamart

Sama seperti Dana, top up saldo ShopeePay melalui Alfamart pun tidak dikenakan biaya dan caranya pun sudah dijelaskan secara rinci di aplikasi Shopee dengan terlebih dahulu memilih menu ShopeePay, kemudian pilih Isi Saldo, lalu pilih Alfamart hingga kemudian akan muncul halaman berisi informasi mengenai nomor ShopeePay dan panduan cara mengisi saldo.

Hanya untuk ShopeePay ini biasanya kasir menanyakan nama pengguna ataupun inisial nama pengguna dengan maksud memeriksa apakah akun yang akan diisi saldo sudah benar.

Sedangkan untuk nominal pengisian, minimal adalah 10ribu. Kemudian 50ribu dan kelipatannya seperti 100ribu, 150ribu dan seterusnya.

Untuk nominal 10ribu, entah dikenakan biaya admin atau tidak karena aLez belum pernah mengisi dengan nominal tersebut. Namun untuk 50ribu ke atas, berdasarkan pengalaman, tidak dikenakan biaya admin.

Top up ShopeePay di konter pulsa

Ini pun sama dengan Dana, mengisi saldo ShopeePay di konter pulsa bisa bebas memilih nominal dan dikenakan biaya sekitar 2000 rupiah.

Berbagi pengalaman

Pertama kali aLez mengisi saldo ShopeePay di konter pulsa adalah sebesar 100ribu dengan dikenakan biaya 2000 rupiah.

Kemudian beberapa minggu berselang, aLez kembali mengisi saldo sebesar 650ribu.

Sebelum mengisi dengan nominal yang cukup besar ini, aLez terlebih dahulu menanyakan tentang biaya top up karena khawatir seandainya semakin besar jumlah top up maka biaya admin akan semakin besar pula.

Namun pada saat itu penjaga konter terkesan menyibukkan diri seolah-olah ada pesan masuk yang harus dibalas bahkan pertanyaan aLez pun tidak dijawab.

Sambil memainkan handphone seperti sedang sibuk membuka dan membalas pesan, kemudian dia malah menanyakan nomor ShopeePay yang mau diisi saldo.

Saat itu pun aLez langsung menyebutkan nomor karena berpikir bahwa mungkin biaya adminnya sama saja sebab penjaga konter tidak menjawab pertanyaan dan tampak sibuk.

Setelah saldo terisi 650ribu, baru lah si penjaga konter terlihat santai dan menjawab pertanyaan aLez tadi dengan tenang. "Biaya adminnya 75ribu."

Tentu saja ini mengagetkan. Tapi bagaimanapun juga saldo sudah masuk dan itu harus dibayar bahkan jika diperdebatkan pun tidak ada gunanya.

Kesimpulan

Biarlah pengalaman aLez dijadikan pelajaran untuk siapapun bahkan bagi diri sendiri.

Tapi yang pasti, apabila kita ingin melakukan top up saldo e-wallet apapun dengan nominal di bawah 100ribu atau bahkan dengan nominal tanggung seperti 75ribu maka boleh melalui konter pulsa, namun dengan terlebih dahulu menanyakan biaya admin.

Sebaliknya, apabila top up saldo dengan nominal di atas 100ribu maka akan lebih baik melalui Alfamart saja.

Kedua cara top up di atas sama-sama cepat. Saldo masuk ke akun hanya dalam waktu beberapa detik saja.

© aLez

Tentang Penulis :

Hai, Saya adalah seorang blogger yang senang mempelajari berbagai macam hal, terutama seni, teknologi, dan ilmu pengetahuan umum. Saya membuat blog ini bertujuan untuk berbagi hal yang bermanfaat, termasuk hal yang telah saya pelajari.

Artikel Terkait

Post Terbaru Post Sebelumnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar