Solusi pulsa tidak masuk setelah melakukan pembelian di aplikasi MySmartfren

Saat itu aLez mencoba mengisi pulsa Smartfren sebesar 30ribu melalui aplikasi MySmartfren di handphone Android OS 5.1 Lollipop.

Hal ini baru aLez coba lakukan karena tertarik dengan metode pembayarannya yang mudah yaitu menggunakan e-wallet walaupun sebenarnya harganya jauh lebih murah jika membeli di aplikasi Shopee atau bahkan Dana.

Sebagai informasi bahwa di aplikasi MySmartfren tersedia berbagai macam metode pembayaran untuk digunakan membeli pulsa dan paket kuota data di mana salah satunya yaitu e-wallet atau dompet digital yang mana di antaranya yaitu ShopeePay, Dana dan lain-lain.

Dikarenakan aLez memiliki akun ShopeePay dan Dana maka metode pembayaran pun menggunakan salah satu e-wallet tersebut yaitu ShopeePay, terlebih saldo di akun ShopeePay cukup banyak dibanding Dana.

Singkat cerita, saat itu proses transaksi pembelian pulsa telah selesai di mana saldo di akun ShopeePay telah berkurang bahkan terdapat pemberitahuan di aplikasi Shopee bahwa pembayaran untuk transaksi pembelian pulsa Smartfren berhasil.

Namun setelah ditunggu beberapa menit hingga hampir satu jam, pulsa tidak ada masuk ke nomor Smartfren yang diisi tersebut padahal nomor sudah benar karena aLez hanya login ke aplikasi dengan satu nomor. Bahkan dicek di manapun, baik melalui aplikasi maupun nomor dial, hasilnya tetap sama yaitu tidak ada pulsa masuk. Di samping itu, versi aplikasi MySmartfren yang aLez gunakan juga merupakan versi terbaru.

Berangkat dari hal tersebut, aLez menyadari bahwa terdapat error di aplikasi MySmartfren dan ini harus ditindaklanjuti karena jika dibiarkan maka pulsa tidak akan pernah masuk.

Solusi yang aLez ambil yaitu dengan menghubungi customer care melalui email karena aLez sudah tahu bahwa waktu balasan email dari customer care Smartfren ini sangat cepat sehingga aLez selalu menggunakan cara ini untuk menghubungi customer care Smartfren.

Setelah menyampaikan keluhan dan masalah yang dialami maka customer care pun mau membantu.

Di sini aLez juga ingin menginformasikan bahwa customer care yang membantu tersebut sangat profesional dengan terlebih dahulu mengecek transaksi. Kemudian saat memberikan bantuan, mereka mengumpulkan bukti dari mulai waktu kejadian yang dalam hal ini yaitu waktu transaksi pengisian pulsa, nomor yang diisi, versi aplikasi, metode pembayaran dan tangkapan layar atau screenshot transaksi.

Salah satu screenshot sebagai bukti

Setelah mengikuti perintah dari customer care akhirnya masalah selesai, pulsa pun masuk seketika. Bahkan terdapat SMS pemberitahuan selayaknya kita telah mengisi pulsa.

Mengenai hal ini aLez sangat berterimakasih pada customer care dan pelayanan Smartfren yang telah berusaha menjadi profesional di mana masalah tersebut selesai di hari itu juga.

Kesimpulan

Hal yang dapat dijadikan pelajaran dalam kasus ini cukup banyak di mana beberapa di antaranya akan dijelaskan di bawah ini.

1. Harap berhati-hati ketika melakukan transaksi, apakah itu pulsa maupun paket kuota data internet di aplikasi MySmartfren menggunakan metode pembayaran yang disediakan, baik itu e-wallet maupun lainnya.

Hal ini dikarenakan aplikasi manapun rentan error di mana aplikasi ini dibuat oleh pengembang atau developer, bukan customer care ataupun bagian lain dari perusahaan sehingga apabila terdapat kesalahan pada aplikasi maka yang perlu dikritik adalah developer.

Akan tetapi perlu diingat juga bahwa developer pun pasti telah berusaha dengan sebaik mungkin mengembangkan aplikasi, terlebih aplikasi tersebut milik perusahaan besar yang dalam hal ini adalah Smartfren.

Bagaimanapun juga, sejauh yang pernah aLez praktikkan bahwa dalam mengembangkan aplikasi Android dibutuhkan trial dan error karena setiap versi OS berbeda hasil. Contohnya, aplikasi dapat berfungsi dengan baik di Android 10 namun akan terdapat kendala jika digunakan di Android 5.1.

Namun apabila masalah dari aplikasi berimbas pada kartu yang digunakan, seperti dalam contoh kasus ini yaitu pulsa tidak masuk setelah membelinya di aplikasi MySmartfren, maka yang perlu kita hubungi adalah customer care dan bukan developer.

Dalam hal ini, customer care dapat memeriksa status nomor sedangkan developer tidak sehingga apabila customer care mau membantu maka kita seharusnya senang dan lakukan apa yang diperintahkan supaya masalah cepat selesai.

Terlebih lagi, pengaduan keluhan dan pertanyaan mengenai informasi lainnya yang dilayangkan melalui email ke customer care Smartfren akan dibalas dengan cepat dalam tempo kurang dari satu jam di mana ini sangat jauh berbeda dengan layanan customer care dari operator seluler lain yang mana jika kita mengirim email maka balasannya paling cepat adalah satu hari.

2. Apabila kita akan melakukan transaksi di aplikasi dengan menggunakan metode pembayaran yang disediakan maka pastikan versi aplikasi adalah yang terbaru dan lakukan transaksi dengan nominal yang kecil saja, misalkan 30ribu atau paling besar 50ribu.

Hal ini guna menghindari kesulitan saat proses pengaduan dan penyelesaian masalah karena dikhawatirkan seandainya transaksi dengan nominal besar akan membutuhkan proses yang sulit dan bukti yang banyak.

3. Khusus pulsa, jika ingin membelinya dengan harga yang sedikit lebih murah maka aLez menyarankan untuk membelinya melalui aplikasi Dana dan aplikasi Shopee menggunakan ShopeePay.

Kedua aplikasi tersebut telah sering aLez gunakan untuk membeli pulsa murah bahkan pulsa masuk dengan segera dan tidak pernah terjadi error.

Khusus di aplikasi Shopee, belilah pulsa di toko yang dikelola Shopee karena jika di toko lain maka harganya akan lebih mahal dan berisiko seandainya nomor kita disebarkan untuk dijadikan target SMS penipuan.

© aLez

Tentang Penulis :

Hai, Saya adalah seorang blogger yang senang mempelajari berbagai macam hal, terutama seni, teknologi, dan ilmu pengetahuan umum. Saya membuat blog ini bertujuan untuk berbagi hal yang bermanfaat, termasuk hal yang telah saya pelajari.

Artikel Terkait

Post Terbaru Post Sebelumnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar