Solusi jika paket internet tidak bisa digunakan

Sering kali aLez melihat berbagai keluhan pengguna jaringan seluler yang mengeluhkan bahwa paket internet mereka tidak dapat digunakan padahal kuota internet masih banyak.

Hal ini tidak hanya terjadi pada satu operator seluler saja melainkan pengguna dari operator lain pun mengalaminya di mana saat ini hal tersebut juga dialami oleh aLez yang menggunakan kartu Smartfren.

Namun kendala yang aLez alami yaitu tidak dapat mengakses aplikasi Facebook dengan mode data padahal kuota internet masih banyak. Sebagai gantinya Facebook hanya menampilkan mode gratis.

Maka dari itu di sini aLez ingin berbagi pengalaman yang mungkin dapat dijadikan solusi bagi Anda yang mengalami hal yang sama meskipun operator yang digunakan berbeda.

Penyebab paket internet tidak bisa digunakan

Menurut anggapan pribadi, apabila kita memiliki paket internet yang aktif dengan sisa kuota yang cukup banyak, sedangkan ketika digunakan mengakses internet ternyata tidak bisa maka itu kemungkinan disebabkan oleh jenis paket internet yang kita gunakan.

Sebagai contoh, saat ini paket internet yang aLez gunakan yaitu Paket Internet Volume 18GB Smartfren dengan pembagian siang dan malam serta kuota khusus chat.

Namun ketika digunakan untuk mengakses aplikasi Facebook, di mana dalam hal ini adalah Facebook app dan bukan Facebook Lite, selalu muncul pemberitahuan pop up yang mengatakan bahwa "data Anda habis" padahal kuota internet masih tersisa cukup banyak dengan rincian kurang lebih sebagai berikut.

  • Kuota internet utama 24 jam tersisa 3GB
  • Kuota internet malam tersisa 7GB
  • Kuota internet chat tersisa 2GB

Sebaliknya ketika aLez mencoba menggunakan jaringan Telkomsel, akses ke Facebook normal tanpa kendala apapun di mana paket internet pada kartu Telkomsel tersebut adalah paket internet Combo Sakti Max 10GB 24 jam.

Adapun aLez bertanya pada costumer care dan mendapat jawaban bahwa setelah dilakukan pengecekan, kartu/nomor serta lokasi saat ini aLez berada tidak bermasalah dan dapat menerima jaringan dengan baik di samping aLez menyatakan bahwa perangkat handphone yang digunakan pun baik-baik saja.

Sehingga dengan ini, costumer care pun mengatakan bahwa dia tidak dapat membantu memecahkan masalah.

Keyakinan mengenai jenis paket data yang menjadi penyebabnya diperkuat oleh riwayat penggunaan paket di mana sebelumnya aLez menggunakan Paket Kuota Nonstop 6GB dan 14GB serta Paket Internet Volume 8GB 24 jam yang tidak pernah mengalami masalah apapun saat digunakan.

Pengecekan standar jika paket internet tidak bisa digunakan

Pada dasarnya jika paket internet tidak bisa digunakan tentu kita perlu menghubungi costumer care. Namun sebelum itu sebaiknya kita lakukan dulu pengecekan sederhana yang dapat dilakukan oleh sendiri.

Beberapa cara di bawah ini merupakan standar pengecekan yang disarankan oleh setiap costumer care operator seluler untuk masalah paket internet yang tidak bisa digunakan meskipun kuotanya masih banyak.

1. Pastikan handphone/aplikasi berfungsi dengan baik.

Salah satu penyebab aplikasi yang membutuhkan koneksi internet tidak dapat diakses secara normal adalah dikarenakan versi aplikasi itu sendiri.

Sehingga sebelum kita memvonis bahwa jaringan bermasalah maka akan lebih baik jika kita memastikan bahwa versi aplikasi adalah yang terbaru, atau bahkan versi perangkat lunak atau OS dari handphone sudah versi terbaru juga.

Atau coba lakukan hapus data aplikasi melalui pengaturan. Dan apabila memungkinkan maka bisa coba lakukan instal dan uninstall aplikasi.

Selain itu, kita juga bisa mencoba untuk mengaktifkan Mode Pesawat selama beberapa detik untuk kemudian menonaktifkannya kembali hingga jaringan internet kembali muncul.

Apabila masalah masih tetap ada maka kita bisa mencoba memulai ulang atau melakukan restart pada perangkat.

2. Cek jaringan dari kartu/nomor yang bermasalah.

Melakukan pengecekan jaringan internet boleh dilakukan dengan cara mengakses beberapa aplikasi yang membutuhkan koneksi internet terutama aplikasi browser seperti Google Chrome.

Lakukan proses penelusuran pada browser, apabila kita mendapati jaringan internet tidak bisa digunakan saat melakukan pencarian maka bisa jadi jaringan dari kartu bermasalah. Sebaliknya, apabila normal maka bisa jadi jaringan baik-baik saja namun terbatas.

Maka untuk meyakinkannya kita perlu melakukan pengecekan lebih lanjut yaitu dengan menggunakan jaringan lain, baik itu dengan menggunakan kartu lain maupun melalui jaringan wifi.

Apabila dengan menggunakan jaringan lain ternyata handphone dapat mengakses seluruh aplikasi tanpa kendala maka itu artinya kondisi handphone dan aplikasi baik-baik saja, sedangkan jaringan dari kartu/nomor kita bermasalah.

Khusus untuk jaringan yang tidak bisa mengakses internet sama sekali, maka penyebabnya boleh jadi disebabkan oleh konfigurasi APN.

Untuk mengeceknya kita boleh masuk ke menu pengaturan koneksi atau jaringan seluler. Kemudian temukan pengaturan APN dan lihat apakah nama APN tersedia atau setidaknya sama dengan nama operator.

Apabila nama APN tidak tersedia dan tidak ada pilihan untuk menambahkannya secara otomatis seperti pada handphone Xiaomi Redmi 2 yang tidak secara otomatis menambahkan APN Smartfren maka kita harus menambahkannya secara manual dengan mengikuti panduan konfigurasi APN dari setiap operator.

Namun apabila APN tersedia atau nama APN berbeda dengan nama operator jaringan seluler yang sedang aktif kita gunakan maka kita bisa melakukan reset APN ke pengaturan default.

3. Cek jenis paket

Operator seluler terkadang menawarkan paket internet murah namun ternyata banyak ketentuannya yang mana salah satunya adalah paket internet yang berisi kuota lokal atau bahkan kuota aplikasi.

Seperti namanya, kuota lokal adalah kuota internet yang khusus digunakan di suatu lokasi atau di lokasi tempat kartu tersebut berlaku. Contohnya, jika kita membeli kartu secara online dari luar pulau maka kuota lokal kemungkinan hanya berlaku di pulau tempat kartu tersebut dijual.

Sebagai contoh, pada kemasan kartu biasanya terdapat keterangan area atau wilayah seperti misalnya area Sumatera, area Jabotabek, dan sebagainya.

Sehingga apabila kita memiliki paket kuota internet lokal namun tidak bisa digunakan maka kita perlu mengetahui apakah kartu yang kita gunakan sudah mendukung paket tersebut dengan menanyakannya ke customer care.

Sementara untuk kuota aplikasi, ini hanya boleh digunakan pada aplikasi saja. Misalnya kuota nonton Youtube yang hanya boleh digunakan untuk menonton Youtube namun melalui aplikasi Youtube.

Sehingga apabila kita menonton Youtube melalui browser Google Chrome maka kuota aplikasi tersebut tidak akan bisa digunakan.

Atau jika mengacu pada kendala yang aLez alami yaitu paket internet tidak bisa digunakan mengakses salah satu aplikasi secara normal maka itu disebabkan oleh jenis paket internet karena paket internet tersebut dibagi-bagi.

Hal ini terjadi karena aplikasi mendeteksi bahwa paket internet kita telah habis. Itu mungkin dikarenakan terlalu banyaknya pembagian sehingga proses pendeteksian oleh aplikasi gagal.

Sebagai contoh, seperti yang telah disebutkan di atas bahwa saat menggunakan Paket Kuota Nonstop 14GB, aplikasi Facebook dapat diakses secara normal karena paket tersebut hanya membagi jumlah total kuota menjadi 2 yaitu 10GB internet dan 4GB bonus internet mingguan. Apalagi untuk Kuota Nonstop 6GB dan Volume 8GB, itu tidak dibagi-bagi sehingga full 6GB dan 8GB.

Sementara untuk kuota volume 18GB, total kuota dibagi 3 bagian yaitu 4GB 24 jam, 10GB tengah malam, 4GB chat.

Solusi jika paket internet tidak bisa digunakan

Apabila langkah-langkah pengecekan di atas sudah dilakukan namun masalah masih tetap ada maka saatnya kita menghubungi costumer care.

Untuk mempercepat dan mempermudah costumer care melakukan pengecekan dan perbaikan, kita harus melakukan dengan benar apa yang diperintahkan.

Akan tetapi, perlu diketahui juga bahwa adakalanya costumer care tidak dapat membantu menyelesaikan masalah seperti masalah yang disebabkan oleh jenis paket internet.

Hal tersebut dikarenakan (pada masalah jaringan) costumer care hanya sebatas melakukan pengecekan terhadap status nomor dan kekuatan sinyal, sementara mengenai masalah jenis paket internet mereka tidak memiliki kemampuan.

Jadi apabila paket internet tidak bisa digunakan karena jenis paket yang tidak mendukung atau bermasalah maka solusinya adalah dengan mengganti jenis paket internet saat ini dengan paket internet lain dan usahakan paket internet tersebut tidak memiliki sistem pembagian.

© aLez

Tentang Penulis :

Hai, Saya adalah seorang blogger yang senang mempelajari berbagai macam hal, terutama seni, teknologi, dan ilmu pengetahuan umum. Saya membuat blog ini bertujuan untuk berbagi hal yang bermanfaat, termasuk hal yang telah saya pelajari.

Artikel Terkait

Post Terbaru Post Sebelumnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar