Mengatasi wifi laptop lawas tidak bisa terhubung ke jaringan hotspot Android 11

Laptop lawas dengan OS Windows 7 dan sebelumnya biasanya memiliki banyak kendala di mana salah satunya adalah masalah jaringan.

Seperti yang tengah dialami aLez saat ini di mana laptop jenis netbook dengan merk Samsung seri NP NC10 tidak dapat terhubung ke jaringan internet melalui hotspot seluler yang diamankan oleh password dari handphone Samsung Galaxy A01 A015F dengan OS Android 11.

Namun ketika hotspot seluler diatur tanpa menggunakan password maka laptop dapat terhubung ke jaringan dengan baik.

Penyebab dan gejala wifi laptop lawas tidak bisa terhubung ke jaringan hotspot Android 11

Kendala ini jelas sekali disebabkan oleh kompatibilitas laptop terhadap perangkat seluler yang dijadikan hotspot karena menurut para ahli mengatakan bahwa beberapa laptop lawas atau jadul tidak mendukung keamanan WPA yang terdapat pada handphone keluaran baru.

Kondisi dari laptop yang tidak kompatibel dengan hotspot dari perangkat handphone terbaru biasanya seperti berikut ini :

1. Ketika dihubungkan ke hotspot seluler dengan keamanan WPA2

Apabila hotspot seluler diamankan dengan password yang artinya konfigurasi keamanannya diatur ke WPA2 maka laptop dapat terhubung ke hotspot seluler serta dapat melakukan konfigurasi password.

Namun setelah konfigurasi dan proses koneksi selesai, laptop tidak dapat terhubung ke jaringan. Sebagai gantinya malah memunculkan Limited Access dan No Network Connection.

2. Ketika dihubungkan ke hotspot seluler tanpa keamanan

Sebaliknya, jika hotspot seluler dikonfigurasikan tanpa pengaman atau tanpa password maka laptop dapat terhubung ke jaringan hotspot seluler tanpa kendala.

Cara mengecek koneksi hotspot seluler bermasalah pada laptop

Sebelum kita mulai memperbaiki masalah wifi yang tidak bisa terhubung ke jaringan, ada baiknya kita ketahui dulu penyebab permasalahannya supaya kita bisa menentukan langkah mana yang tepat untuk kita jalankan karena berbeda penyebab maka berbeda pula solusinya.

Ketelitian seperti ini diperlukan agar kita tidak salah dalam mengambil cara perbaikan apalagi jika kita mengubah suatu konfigurasi yang menyebabkan kesalahan fatal pada sistem di laptop.

Maka dari itu, kita perlu mengecek terlebih dahulu dengan cara-cara sederhana seperti berikut ini.

1. Gunakan handphone lain sebagai hotspot seluler, baik itu menggunakan password maupun tidak.

Apabila laptop kita terhubung ke jaringan hotspot dari handphone lain dengan baik namun tidak terhadap handphone kita maka itu artinya terdapat masalah antara laptop dan handphone kita.

Dari sini kita perlu melihat spesifikasi handphone terutama tahun rilis dan sistem operasi.

Sebagai contoh, laptop yang aLez miliki ini dapat terhubung ke hotspot seluler dari handphone Xiaomi Redmi 2 Prime Android 5.1 namun bermasalah ketika terhubung ke Samsung A01 Android 11.

2. Hubungkan hotspot seluler handphone kita ke handphone dan laptop lain.

Apabila koneksi ini tidak mengalami kendala apapun maka sudah jelas bahwa yang bermasalah adalah laptop kita.

Berlaku sebaliknya, jika handphone ataupun laptop lain tidak dapat terhubung ke jaringan hotspot seluler dari handphone kita maka itu artinya handphone kita yang bermasalah.

Sebagai contoh, hotspot seluler dari Samsung Galaxy A01 milik aLez dapat terhubung ke handphone dan laptop lain sehingga ini membuktikan bahwa laptop yang aLez miliki bermasalah.

Solusi jika laptop lawas tidak dapat terhubung ke jaringan hotspot seluler Android 11

Apabila masalah jaringan wifi yang terjadi bukan dikarenakan kompatibilitas antara perangkat laptop dan handphone maka solusinya bisa didapatkan melalui forum resmi Microsoft atau manufaktur laptop itu sendiri.

Akan tetapi, jika itu memang disebabkan oleh kompatibilitas maka silakan coba cara-cara di bawah ini.

1. Update driver wifi/wlan

Beberapa pengguna laptop mendapatkan solusinya dengan melakukan update driver untuk wireless network adapter. Namun apabila Windows Update tidak menyediakan update terbaru untuk wireless network adapter maka itu bisa dilakukan secara manual.

Untuk mendownload driver wireless network adapter, kita boleh mengunjungi manufaktur dari merk laptop kita dan bukan ke manufaktur adapter.

Sebagai contoh, jika wireless network adapter kita adalah Atheros dan laptop kita adalah Dell maka kita harus mengunjungi Dell untuk kemudian mendownload driver Atheros yang biasanya disediakan oleh Dell sesuai dengan seri laptop.

2. Hotspot tanpa password

Akan tetapi pada kondisi yang aLez alami, mengupdate driver tidaklah menyelesaikan masalah karena walaupun sudah beberapa kali mendownload dan menginstal driver, baik itu dari Samsung maupun Microsoft, akan tetapi masalah masih terjadi.

Sebagai gantinya, kini aLez menggunakan hotspot seluler tanpa keamanan atau tanpa password sehingga apabila masalah hotspot yang kalian hadapi tidak kunjung selesai walaupun telah mengupdate driver maka boleh coba konfigurasikan hotspot tanpa password.

3. Mengganti wifi card

Jaringan wifi pada laptop dikontrol oleh hardware bernama wifi card yang pada umumnya dapat dilepas kecuali untuk beberapa tipe laptop khusus yang biasanya memiliki desain tipis.

Biasanya, wifi card dari laptop lawas hanya mendukung jaringan wifi dengan spesifikasi 802.11 b/g atau lebih bagus mungkin a/b/g sedangkan laptop keluaran lebih baru biasanya telah mendukung a/b/g/n bahkan ac dan ax.

Hal ini sudah aLez buktikan dengan membandingkan antara netbook milik sendiri dengan laptop Asus milik teman di mana wifi card yang digunakan pada Asus adalah Atheros AR9285 yang sudah mendukung jaringan wifi 802.11 n. Sedangkan netbook Samsung milik aLez menggunakan Atheros AR5007G yang hanya mendukung wifi 802.11 b/g.

Akan tetapi, aLez belum mencoba mengganti wifi card sebab untuk mendapatkan wifi card yang mendukung jaringan n yang kompatibel untuk Samsung NC10 ini agak sulit bahkan informasinya pun hampir tidak ada.

Sementara itu, untuk mencoba menggunakan wifi card AR9285 milik Asus dirasa tidak mungkin karena bentuk fisiknya berbeda.

Penyebab dan solusi laptop lawas tidak bisa terhubung ke jaringan hotspot Android 11 berdasarkan pengalaman

Namun sebagai informasi, aLez ingin menceritakan hal-hal yang telah dicoba dalam mengatasi masalah laptop tidak bisa terhubung ke jaringan hotspot Android 11 ini. Meskipun cara-cara yang ditempuh gagal namun semoga bisa menjadi inspirasi.

Sebenarnya awal masalah muncul ketika aLez membeli handphone baru yaitu Samsung Galaxy A01 A015F dengan OS Android 10.

Ketika menghubungkan hotspot seluler ke laptop, koneksi bekerja dengan baik, baik itu menggunakan password maupun tidak. Namun beberapa menit kemudian, jaringan hilang. Sebagai gantinya, muncul peringatan Limited Access dan No Network Connection.

Dengan menonaktifkan dan kembali mengaktifkan hotspot seluler, laptop dapat kembali terhubung ke jaringan namun beberapa menit kemudian muncul lagi kendala seperti di atas, dan begitulah seterusnya.

Beberapa hari kemudian, handphone di-upgrade ke Android 11 sebanyak 2 kali upgrade dengan tingkat patch keamanan yang berbeda. Kemudian ketika kembali menghubungkan hotspot seluler menggunakan password, laptop dapat terhubung ke hotspot namun tidak dapat terhubung ke jaringan sama sekali.

Setelah itu laptop diinstal ulang karena pada dasarnya dengan menginstal ulang maka pengaturan akan kembali ke default. Namun sayangnya, masalah masih tetap sama. Bahkan dengan melakukan reset pabrik pada handphone pun tetap saja tidak menyelesaikan masalah.

Catatan

Apabila ingin melakukan perbaikan atau istilahnya yaitu troubleshoot pada laptop Windows maka sebaiknya gunakan forum resmi Microsoft.

Pesan dari aLez yaitu usahakan untuk menghindari tawaran atau saran yang menyuruh kita mendownload program terutama dari situs atau pihak yang tidak terpercaya.

© aLez

Tentang Penulis :

Hai, Saya adalah seorang blogger yang senang mempelajari berbagai macam hal, terutama seni, teknologi, dan ilmu pengetahuan umum. Saya membuat blog ini bertujuan untuk berbagi hal yang bermanfaat, termasuk hal yang telah saya pelajari.

Artikel Terkait

Post Terbaru Post Sebelumnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar