Software teks editor terbaik Notepad++

Program komputer bernama Notepad++ merupakan sebuah editor teks yang boleh dibilang cukup luar biasa dan menjadi salah satu yang terbaik sebab bisa mendukung file-file pemrograman dan HTML.

Walaupun namanya mirip dengan program Notepad bawaan Windows namun Notepad++ adalah software terpisah yang dikembangkan oleh developer lain.

Kelebihan Notepad++

Software gratis ini tak hanya boleh digunakan untuk menulis dan menyimpan teks biasa dalam format .txt saja melainkan juga dapat digunakan untuk mengedit file dengan format HTML, JavaScript dan lain-lain.

Secara pribadi, Notepad++ menjadi andalan, baik untuk menulis teks biasa maupun menulis dan mengedit HTML dan JavaScript, sementara untuk jenis bahasa pemrograman lain belum pernah dicoba karena aLez tidak menguasainya.

Berdasarkan praktik, Notepad++ dapat digunakan untuk mengedit template Blogger secara offline kemudian untuk pratinjau/preview dapat dilihat menggunakan browser apapun.

Akan tetapi untuk mengedit dan menambahkan elemen HTML diperlukan pemahaman lebih sebab template Blogger berformat xml sedangkan file yang dapat diedit dan dilihat preview halamannya di browser haruslah berformat html.

Walaupun demikian, bagi kamu yang masih dalam tahap belajar mengedit template terutama mengubah tampilan melalui CSS dan ingin melakukannya secara offline maka boleh menggunakan Notepad++.

Itu karena Notepad++ dapat bekerja dengan sangat baik saat digunakan untuk mengedit CSS bahkan pratinjau halaman dapat dilihat melalui browser seperti Google Chrome kemudian CSS hasil mengedit dapat disalin dan ditempelkan secara langsung ke dalam template Blogger saat nanti online.

Begitupun dengan JavaScript, Notepad++ dapat menjalankan script JavaScript yang ditulis di dalam file html DOM sehingga apabila ingin menambahkan ataupun memanipulasi elemen menggunakan JavaScript maka itu bisa dilakukan di Notepad++.

Mengedit template Blogger menggunakan Notepad++

Berikut aLez beritahukan cara supaya halaman blog khususnya Blogger dapat diedit di Notepad++.

1. Kunjungi halaman blog yang akan diedit, baik itu halaman depan atau homepage maupun halaman postingan.

2. Setelah loading selesai sepenuhnya, klik kanan pada titik manapun di halaman namun yang pasti jangan di link.

3. Pada pilihan yang muncul, pilih save as atau simpan sebagai. Kemudian pada pilihan menyimpan, pastikan pilihan ekstensi adalah Webpage Complete (.htm,.html).

Sebagai informasi bahwa apabila di blog terdapat script untuk mencegah klik kanan maka pilihan tidak akan muncul.

4. Setelah file halaman tersimpan sebagai html disertai dengan sebuah folder, kemudian kita klik kanan pada file html tersebut hingga muncul pilihan, lalu pilih Edit with Notepad++.

5. Silakan ubah CSS seperti yang diinginkan lalu lihat pratinjau tampilan halaman di browser dengan cara mengklik tombol Run kemudian pilih Launch in Chrome.

Cara melihat pratinjau halaman di browser pada Notepad++

Pada Notepad++ versi lama, di dalam tombol Run terdapat pilihan Launch in Chrome, Firefox, Safari dan sebagainya. Akan tetapi pada versi baru, pihak developer menghilangkannya. Sebagai gantinya kita boleh mengaturnya oleh sendiri.

Untuk cara mengatur Notepad++ supaya bisa menampilkan pratinjau halaman html di browser khususnya pada komputer Windows adalah dengan mengedit file shortcuts.xml di mana caranya adalah sebagai berikut :

1. Cari dan buka folder Notepad++ di AppData lalu temukan file shortcuts.xml. Di laptop Windows 7 biasanya itu terletak di (C:) » Users » NamaUser » AppData » Roaming » Notepad++.

Catatan : Terdapat 2 file shortcuts.xml, yang pertama berada di folder Notepad++ - Program Files sedangkan yang kedua berada di folder Notepad++ - AppData, dan yang perlu diedit adalah yang berada di AppData.

2. Setelah ditemukan, klik kanan file tersebut hingga muncul pilihan, lalu pilih Edit with Notepad++.

3. Tambahkan kode berikut ini di dalam blok kode <UserDefinedCommands>.

  • Untuk pratinjau Google Chrome

    <Command name="Launch in Chrome" Ctrl="yes" Alt="yes" Shift="yes" Key="82">chrome &quot;$(FULL_CURRENT_PATH)&quot;</Command>
  • Untuk pratinjau Mozilla Firefox

    <Command name="Launch in Firefox" Ctrl="yes" Alt="yes" Shift="yes" Key="85">firefox &quot;$(FULL_CURRENT_PATH)&quot;</Command>
  • Untuk pratinjau Yandex Alpha

    Catatan : Khusus untuk browser Yandex dan beberapa browser lainnya, lokasi file browser harus diatur secara manual di mana contohnya adalah seperti di bawah ini.

    <Command name="Launch in Yandex" Ctrl="yes" Alt="yes" Shift="yes" Key="98">&quot;C:\Users\NamaUser\AppData\Local\Yandex\YandexBrowser\Application\browser.exe&quot; &quot;$(FULL_CURRENT_PATH)&quot;</Command>

Hasil akhir dari semuanya akan menjadi seperti gambar di bawah ini :

4. Simpan file yang telah diedit dengan mengklik tombol save, kemudian tutup program Notepad++.

5. Buka kembali Notepad++ dan klik tombol Run, lalu pilih Launch in Chrome, Firefox maupun Yandex.

Pengaturan penting di Notepad++

Dalam mengedit file html, kita perlu mengubah beberapa pengaturan supaya nanti saat mengedit terasa nyaman.

1. Word wrap

Pada deretan fitur yang berada di atas tampilan Notepad++, cari dan klik icon Word wrap supaya aktif yang mana ini berfungsi untuk memotong teks supaya tidak memanjang ke samping. Sebagai gantinya teks akan turun ke baris berikutnya setelah mencapai ambang batas samping layar.

2. Scrolling

Pada Notepad++ versi baru, ketika kita menggulir halaman ke bagian bawah maka akan terdapat ruang kosong. Maka dari itu kita perlu menyesuaikannya dengan cara mengklik tombol Settings » Preferences » Editing lalu hilangkan tanda centang di Enable scrolling beyond last line.

3. File backup

Secara default, Notepad++ versi baru akan meng-generate file backup dengan ekstensi .bak setiap kita selesai menyimpan file di Notepad++ di mana ini tentunya hanya membuat penyimpanan menjadi penuh. Untuk mengatasinya, kita perlu masuk ke Settings » Preferences » Backup, kemudian pada bagian Backup on save, pilih none.

Selesai, sekarang Notepad++ dapat digunakan untuk mengedit file html dengan nyaman. Sedangkan untuk pengaturan lainnya boleh cari referensinya di forum Notepad++.

Catatan tambahan

Meskipun di sana terdapat visual studio, aLez tetap menggunakan Notepad++ sejak lama karena selain ringan, juga mudah digunakan.

Selain itu, dengan tampilan yang sederhana, software Notepad++ sangat cocok digunakan oleh semua kalangan, baik itu pemula maupun mahir.

© aLez

Tentang Penulis :

Hai, Saya adalah seorang blogger yang senang mempelajari berbagai macam hal, terutama seni, teknologi, dan ilmu pengetahuan umum. Saya membuat blog ini bertujuan untuk berbagi hal yang bermanfaat, termasuk hal yang telah saya pelajari.

Artikel Terkait

Post Terbaru Post Sebelumnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar