Cara mengubah tampilan Facebook reguler menjadi tampilan dasar

Tampilan Facebook di browser sudah mengalami banyak perubahan di mana saat ini Facebook menggunakan tampilan yang disebut sebagai tampilan reguler yang sangat jauh berbeda dari tampilan sebelumnya yang kini mereka sebut sebagai tampilan dasar atau basic atau biasa juga disebut sebagai versi dasar.

Kedua tampilan memang bagus namun memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing di mana tampilan reguler lebih mirip tampilan di aplikasi handphone.

Beruntungnya, hingga saat ini Facebook belum menghapus tampilan dasar yang juga merupakan versi lama, dan justru itu digunakan sebagai alternatif dalam mengakses Facebook di browser untuk pengguna yang memiliki jaringan internet lambat.

Menurut aLez sendiri, tampilan dasar Facebook lebih nyaman saat digunakan menelusuri menu dan fitur sebab terdapat tulisan, sementara tampilan reguler tidak. Tak hanya itu, tampilan dasar juga sering aLez gunakan untuk mengakses pesan langsung dari akun Facebook di mana hal ini tidak berlaku di aplikasi Facebook karena aplikasi tidak dapat membuka pesan secara langsung, sebagai gantinya kita diwajibkan untuk menginstal aplikasi lainnya yaitu Messenger.

Namun dibalik kelebihan pasti selalu ada kekurangan yaitu ketika diakses di browser tertentu maka beberapa foto akan tampak lebih besar atau istilah dalam pengembangan web disebut sebagai "tidak responsive" di mana salah satu contohnya adalah browser Yandex Alpha, sementara untuk Google Chrome sejauh ini baik-baik saja.

Kekurangan lainnya yaitu saat digunakan untuk mengunjungi halaman fanpage yang sudah mendapat tampilan baru atau mereka menyebutnya sebagai "pengalaman tampilan baru" di mana fanpage dengan tampilan baru ini saat diakses melalui tampilan dasar akan terlihat seperti profil biasa namun tidak ada tombol untuk menambahkan teman.

Selain itu, banyak fitur baru yang tidak tersedia di tampilan Facebook versi dasar ini yang mana salah satunya adalah Market Place.

Cara mengubah tampilan Facebook reguler ke versi dasar

Baik, apabila kalian sudah paham mengenai apa itu tampilan dasar Facebook beserta kekurangan dan kelebihannya maka untuk mengubah tampilan Facebook dari reguler ke versi dasar boleh lihat caranya di bawah ini yang mana cara ini berlaku di handphone maupun komputer.

Mengakses tampilan Facebook versi dasar dengan cara sederhana

1. Buka browser, lalu masuk ke Facebook menggunakan alamat ini : https://mbasic.facebook.com.

2. Masuk seperti biasanya dan lihat apakah tampilan yang didapat adalah versi dasar. Jika iya maka lanjutkan, namun jika tidak maka gunakan trik khusus pada uraian berikutnya.

3. Setelah kita menutup browser maka pada saat berikutnya ketika kita ingin kembali mengakses Facebook dengan tampilan dasar, mungkin kita perlu masuk melalui alamat mbasic lagi seperti di atas.

Mengubah tampilan Facebook reguler ke versi dasar melalui trik khusus

1. Pada pengaturan jaringan di handphone, pilih yang paling lambat yaitu 2G atau EDGE. Namun ini mungkin tidak berlaku untuk kartu Smartfren yang hanya melayani jaringan 4G LTE.

2. Buka browser umum, jangan browser proxy ataupun turbo. Sebagai rekomendasi, gunakan Google Chrome, Yandex Alpha dan Mozilla Firefox.

3. Masuk ke Facebook melalui alamat mobile seperti biasanya yaitu https://m.facebook.com

4. Setelah berhasil masuk, halaman akan melakukan loading yang cukup lama dikarenakan jaringan yang kita gunakan adalah yang paling lambat.

5. Lihat dan perhatikan pada bagian bawah halaman karena beberapa saat kemudian akan muncul pilihan "Beralih ke situs dasar". Apabila sudah seperti itu kita klik saja pilihan tersebut sehingga tampilan akan dialihkan ke versi dasar.

6. Sebaliknya, apabila pilihan untuk beralih tampilan tidak muncul dan justru malah masuk ke beranda maka silakan refresh halaman atau tutup tab tersebut terlebih dahulu kemudian kunjungi lagi alamat Facebook hingga berhasil muncul pilihan untuk beralih tampilan.

Sebagai informasi bahwa pilihan untuk beralih tampilan ini akan muncul jika durasi loading telah mencapai batas waktu tertentu sehingga apabila itu tidak muncul maka itu artinya durasi belum mencapai batas di mana ini bisa disebabkan oleh jaringan yang masih memiliki kecepatan baik.

7. Jika sudah berhasil masuk atau setidaknya sudah menunjukkan proses beralih ke tampilan dasar maka kita boleh ubah kembali pilihan jaringan menjadi yang tercepat baik itu 3.75G H+ maupun 4G LTE.

Dengan menggunakan metode khusus ini maka setiap kali kita masuk ke Facebook seluler akan selalu menampilkan tampilan versi dasar walaupun diakses dari browser lain.

Sedangkan untuk mengubahnya kembali menjadi tampilan reguler maka caranya sangat mudah yaitu kita hanya tinggal mengklik tombol "Ganti ke tampilan reguler" yang akan selalu tersedia di bagian atas tampilan versi dasar Facebook.

© aLeziana

Tentang Penulis :

Hai, Saya adalah seorang blogger yang senang mempelajari berbagai macam hal, terutama seni, teknologi, dan ilmu pengetahuan umum. Saya membuat blog ini bertujuan untuk berbagi hal yang bermanfaat, termasuk hal yang telah saya pelajari.

Artikel Terkait

Post Terbaru Post Sebelumnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar