Aplikasi VPN gratis terbaik untuk Android 10 dan yang terbaru

Fungsi dari VPN, selain dapat digunakan untuk melewati pemblokiran supaya browser dapat membuka situs yang diblokir, juga dapat digunakan untuk kebutuhan lain yang biasanya bersangkutan dengan bisnis online.

Hal itu dikarenakan VPN dapat menyamarkan alamat IP yang sedang kita gunakan khususnya di handphone Android sehingga dengan menggunakan VPN maka kita bisa mengubah alamat IP Android kita.

VPN tersedia dalam bentuk situs web dan aplikasi namun pada artikel ini aLez akan beritahukan mengenai VPN dalam bentuk aplikasi yang juga telah disediakan link untuk mendownloadnya.

Tapi sebelumnya, aLez ingin beritahukan bahwa aplikasi-aplikasi VPN di bawah ini hanya dites di Android 10 dan 11 sehingga untuk Android dengan versi yang lebih lama maupun baru, silakan dicoba saja karena beberapa di antaranya ada yang bisa diinstal dan digunakan di Android 5.1 Lollipop.

Sebagai catatan bahwa aplikasi-aplikasi yang dapat didownload melalui tautan yang disediakan merupakan versi lama dengan fitur seperti yang ditampilkan pada gambar masing-masing aplikasi. Sedangkan apabila kalian lebih suka versi terbaru maka silakan download di Google Play Store namun fiturnya tidak akan sama seperti yang tampak pada gambar.

1. VPNhub

Hingga saat artikel ini dibuat, aplikasi VPN Hub masih menjadi yang terbaik karena selain tampilannya yang sederhana, juga penggunaannya yang sangat mudah.

Berdasarkan pengalaman pribadi, aplikasi ini memiliki koneksi yang stabil, jarang terdapat error, dapat terhubung ke server dengan cepat.

Selain itu, VPN dari aplikasi ini dapat digunakan untuk seluruh aplikasi sehingga ketika kita telah mengaktifkan VPN maka VPN ini aktif untuk semua aplikasi.

Update 7 September 2022

Aplikasi VPNhub yang ada pada tautan di bawah ini sudah tidak bekerja. Sebagai gantinya, silakan download di Play Store.

Untuk menggunakannya, kita perlu terlebih dahulu mendownload aplikasinya pada tautan ini: VPNhub versi lama

Setelah itu, instal aplikasi seperti biasa. Dan, apabila sudah selesai maka kita hanya perlu membukanya.

Untuk mengaktifkannya, klik tombol on/off yang berada di bagian tengah hingga warnanya berubah menjadi hijau yang menandakan bahwa VPN aktif.

Apabila VPN akan digunakan untuk membuka situs yang diblokir maka setelah VPN aktif, kita buka browser Google Chrome untuk kemudian kunjungi situs yang diblokir tersebut. Secara otomatis, situs akan terbuka karena telah di-bypass/dilewati oleh VPN.

2. Turbo VPN

Mirip dengan aplikasi pertama, aplikasi VPN ini bekerja dengan sangat baik saat digunakan di Android 10 dan 11 bahkan hampir tidak ada error sama sekali.

Keunggulan dari aplikasi ini yaitu kecepatan jaringan tidak terganggu saat VPN aktif, menghubungkan ke server lumayan cepat walaupun tidak secepat aplikasi pertama di atas, dapat digunakan untuk semua aplikasi.

Oleh karena itu, aplikasi VPN ini layak untuk dicoba seandainya aplikasi lain tidak kompatibel di Android yang kalian gunakan. Sementara untuk filenya boleh didownload pada tautan ini: Turbo VPN versi lama.

Untuk cara menggunakannya yaitu dengan terlebih dahulu menginstalnya untuk kemudian membukanya.

Jika pada halaman awal muncul informasi tentang aplikasi maka klik saja tombol (x) di pojok kanan atas untuk menutupnya sehingga halaman akan menuju ke beranda.

Untuk mengaktifkan VPN, klik tombol yang ada di bagian tengah sebelah bawah hingga VPN berhasil terhubung ke server.

3. Hola VPN Plus

Aplikasi VPN yang satu ini dapat diinstal dan digunakan di Android 10 namun sering error. Sebaliknya, aplikasi berfungsi cukup baik saat digunakan di Android versi lama di bawah 10.

Tidak seperti aplikasi VPN lainnya, cara kerja aplikasi ini sedikit berbeda yaitu kita terlebih dahulu harus memilih aplikasi mana yang akan digunakan dalam mode VPN. Selanjutnya kita perlu memilih lokasi server. Baru setelah itu VPN aktif dan dapat digunakan pada aplikasi yang dipilih.

Sedangkan apabila kita membuka aplikasi tanpa mengaturnya terlebih dahulu di Hola VPN maka mode VPN tidak akan berpengaruh.

Selain itu, menurut pengalaman pribadi, ketika mengaktifkan VPN dari aplikasi ini di Android 10, jaringan sedikit menjadi lambat. Apalagi di Android 11, koneksi sering mengalami error. Entah ini disebabkan oleh versi aplikasi ataukah jaringan seluler yang digunakan.

Walaupun demikian, aplikasi ini dapat digunakan di Android 5.1 Lollipop, setidaknya begitulah yang pernah aLez praktikkan.

Sedangkan untuk mendapatkan aplikasinya, kalian boleh mengunduhnya pada tautan ini: Hola VPN Plus versi lama

Sementara untuk cara menggunakannya, kita hanya perlu menginstal dan membuka aplikasinya, kemudian pilih aplikasi mana yang akan digunakan pada mode VPN. Setelah itu, pilih lokasi server, dan VPN pun siap digunakan.

Catatan

Apabila nanti terdapat aplikasi VPN lainnya yang layak untuk digunakan maka artikel ini akan diupdate.

© aLeziana

Tentang Penulis :

Hai, Saya adalah seorang blogger yang senang mempelajari berbagai macam hal, terutama seni, teknologi, dan ilmu pengetahuan umum. Saya membuat blog ini bertujuan untuk berbagi hal yang bermanfaat, termasuk hal yang telah saya pelajari.

Artikel Terkait

Post Terbaru Post Sebelumnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar