Cloud storage gratis dengan penyimpanan 100GB tanpa syarat

Cloud storage yang berani memberikan penyimpanan sebesar 100GB secara gratis dan bahkan tanpa syarat, untuk saat ini mungkin hanya ada satu di dunia yaitu perusahaan cloud storage bernama Degoo.

Iya, perusahaan ini benar-benar memberikan kapasitas penyimpanan sebanyak itu untuk akun gratis tanpa syarat apapun.

Tidak seperti cloud storage lain, contohnya ada yang memberikan kapasitas penyimpanan hingga max 18GB seperti Dropbox, namun penyimpanan sebesar itu hanya akan didapat jika kita mereferensikan orang lain untuk mendaftar ke Dropbox melalui link afiliasi. Karena penyimpanan yang diberikan untuk akun gratis default-nya adalah sebesar 2GB.

Pun sama halnya dengan cloud storage lain yang menawarkan tambahan kapasitas penyimpanan gratis namun kita perlu mengerjakan beberapa tugas seperti mereferensikan orang lain untuk ikut mendaftar, menginstal aplikasi, dan lain sebagainya.

Berbeda halnya dengan Degoo, perusahaan cloud storage asal Swedia ini akan secara langsung memberikan kapasitas penyimpanan sebesar 100GB sesaat setelah kita membuat akun. Sehingga kita tidak perlu melakukan tugas apapun karena kapasitas penyimpanan yang didapat akan langsung sebesar 100GB, dan kita bisa langsung menggunakannya untuk menyimpan file.

Degoo dapat diakses melalui website, aplikasi handphone dan juga komputer. Degoo juga dapat digunakan untuk menyimpan semua jenis file.

Berdasarkan informasi dari internet, Degoo sepertinya menggunakan Google Cloud atau mungkin ada kerjasama khusus dengan Google Cloud walaupun tidak banyak informasi mengenai hal ini. Namun pada salah satu halaman Google Cloud, di situ terdapat review tentang Degoo. Bahkan Degoo mengklaim bahwa Play Store menobatkan aplikasi cloud storage-nya sebagai aplikasi terbaik di Play Store.

Apapun kenyataan mengenai hal tersebut, kita tidaklah peduli karena yang kita pedulikan adalah tentang fasilitas cloud storage-nya, yaitu mengenai apa saja yang ditawarkan oleh Degoo untuk pengguna gratis ini.

Berikut ini adalah beberapa hal yang aLez ketahui karena beberapa di antaranya telah dipraktikkan sehingga ulasan ini bersifat subjektif dengan mengesampingkan ulasan dari situs lain.

1. Pengguna gratis akan mendapatkan kapasitas penyimpanan sebesar 100GB secara langsung tanpa syarat di mana ini merupakan kelebihan utama Degoo.

Bila dibandingkan dengan Terabox yang menawarkan kapasitas penyimpanan sebesar 1TB untuk akun gratis, sepertinya Degoo lebih dapat dipercaya walaupun hanya memberikan 100GB.

Itu karena Terabox, walaupun memberikan kapasitas penyimpanan sebesar 1TB (1024GB) secara gratis namun jumlah file yang dapat disimpan hanya 500 file saja. Sehingga apabila 1 file berukuran 1GB maka 500 file akan menjadi 500GB, dan sisanya yaitu 500GB tidak akan bisa digunakan. Apalagi jika file yang kita simpan masing-masingnya hanya berukuran 1MB maka jumlah total penyimpanan yang kita dapat adalah 500MB dan bukan 1TB.

2. Hal yang aLez cukup suka yaitu Degoo dapat digunakan untuk menyimpan file video dan memiliki media player sehingga video dapat diputar walaupun pemutarannya sangat lambat.

3. Tidak ada fitur embed media. Entah ini diperuntukkan untuk akun gratis ataukah memang tidak ada, karena informasi mengenai hal ini sangat minim.

4. Tidak ada enkripsi file untuk akun gratis di mana ini merupakan hal yang paling krusial mengingat file yang kita simpan seharusnya tidak boleh dilihat oleh siapapun.

5. Terdapat fitur berbagi file, namun untuk mendownload file yang dibagikan harus terlebih dahulu masuk. Atau dengan kata lain harus memiliki akun Degoo jika ingin mendownload.

6. Sangat mudah saat membuat akun, di mana kita bisa mendaftar menggunakan akun Google. Sehingga kita tidak perlu membuat akun dan password baru, tapi cukup dengan masuk ke akun Google dengan kredensial akun Google tersebut.

Selebihnya, akun gratis akan mendapati iklan saat mengakses halaman Degoo, baik melalui web maupun aplikasi. Akan tetapi menurut aLez, ini bukan merupakan kekurangan karena iklan yang muncul hanya satu dan tidak terlalu mengganggu bahkan bisa ditutup.

Selain itu, menurut ulasan dari situs lain, pengguna gratis yang tidak aktif atau tidak mengakses Degoo selama 90 hari akan dinonaktifkan.

Mengenai batasan upload, aLez tidak mengetahui secara pasti karena ketika dicoba mengupload file video berukuran 300MB, file dapat diupload tanpa kendala bahkan dengan kecepatan yang cukup baik.

Beberapa kelebihan Degoo untuk akun premium

1. File terenkripsi dengan sangat aman.

2. Penyimpanan bisa ditambah hingga 2TB.

3. Tidak ada batasan pengguna aktif.

Catatan

Walaupun sebuah cloud storage menawarkan penyimpanan besar, namun kita tidak boleh mengandalkan cloud storage tersebut untuk menyimpan file. Artinya, kita harus mempunyai cadangan.

Hal tersebut dikarenakan cloud storage manapun, bahkan yang terkenal sekalipun seperti Drive Google, One Drive Microsoft, baik terhadap akun gratis maupun premium, mereka tetap memiliki kewenangan absolut untuk menghapus akun pengguna kapanpun.

© aLeziana

Tentang Penulis :

Hai, Saya adalah seorang blogger yang senang mempelajari berbagai macam hal, terutama seni, teknologi, dan ilmu pengetahuan umum. Saya membuat blog ini bertujuan untuk berbagi hal yang bermanfaat, termasuk hal yang telah saya pelajari.

Artikel Terkait

Post Terbaru Post Sebelumnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar