Cara menampilkan tombol download di media player Yandex browser desktop

Seperti yang kita ketahui bahwa Yandex browser memiliki tampilan media player sendiri yang berbeda dari browser lainnya.

Media player tersebut tampak kurang bagus dan terkadang tidak berfungsi dengan baik terutama jika kita menggunakan jaringan yang lambat. Seperti contohnya jika kita memutar video, di mana media player hanya akan menampilkan blank hitam dan video pun tidak bisa diputar. Bahkan terkadang kita perlu me-refresh halaman supaya video diputar otomatis.

Selain hal di atas, kekurangan media player Yandex lainnya yaitu tidak terdapat pilihan, termasuk pilihan yang menampilkan tombol download. Bahkan kita tidak dapat mengaktifkannya melalui klik kanan.

Hal itu dikarenakan attribute controls pada tag video dinonaktifkan. Selain itu, fungsi klik kanan pada browser pun sama-sama dinonaktifkan. Bahkan pun jika kita bisa mengaktifkan klik kanan dengan bantuan ekstensi seperti allow right click untuk menampilkan kontrol bawaan media, namun kontrol bawaan tersebut akan terhalang oleh kontrol milik media player Yandex karena Yandex menambahkan elemen kontrol milik mereka sendiri yang posisinya menutupi posisi control bawaan.

Sehingga, untuk cara menampilkan tombol download di pemutar media Yandex browser adalah dengan mengaktifkan fungsi kontrol bawaan media melalui edit HTML pada fitur inspect element, kemudian menghapus elemen kontrol milik Yandex.

Langkah-langkahnya boleh disimak di bawah ini, namun perlu diingat bahwa untuk video, tombol download hanya akan muncul jika video diembed dalam tag HTML5 <video> dan video tersebut memiliki ekstensi mp4. Sehingga jika video adalah HLS m3u8 maka tombol download tidak akan muncul.

1. Mainkan media di browser Yandex. Dalam contoh ini, media yang diputar adalah video.

2. Aktifkan fitur Inspect Element/Developer Tools dengan cara mengklik menu browser yang berlogo tiga titik, kemudian pilih Advanced » More tools » Developer tools.

Developer tools juga bisa diakses melalui kombinasi tombol Ctrl+Shift+I walaupun terkadang komputer tidak merespon. Atau boleh juga dengan melakukan klik kanan pada ruang kosong di luar video untuk memunculkan pilihan, kemudian pilih Inspect element

3. Setelah halaman berada pada tampilan Inspect Element, pastikan tab berada pada Elements untuk kemudian cari elemen HTML <div class="wrapper">.

4. Expand/perluas elemen tersebut dengan mengklik icon arrow/panah di sebelah kirinya supaya menampilkan elemen lainnya.

5. Klik kanan pada elemen <video> lalu pada pilihan yang muncul, pilih Edit as HTML.

6. Tambahkan attribute controls pada tag video, sehingga hasilnya akan menjadi kurang lebih seperti ini:

<video controls class="video">

7. Cari elemen <div class="controls"> kemudian klik kanan pada elemen tersebut. Dan pada pilihan yang muncul, pilih Delete element.

Hasil akhirnya akan menjadi seperti ini:

8. Selesai, klik di sembarang tempat untuk mengakhiri pengeditan.

Lihat pada media player, kontrol bawaan media sudah tampil dan tombol download pun dapat ditemukan pada menu berlogo tiga titik. Bahkan kontrol media player milik Yandex pun sudah menghilang.

© aLeziana

Tentang Penulis :

Hai, Saya adalah seorang blogger yang senang mempelajari berbagai macam hal, terutama seni, teknologi, dan ilmu pengetahuan umum. Saya membuat blog ini bertujuan untuk berbagi hal yang bermanfaat, termasuk hal yang telah saya pelajari.

Artikel Terkait

Post Terbaru Post Sebelumnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar