Cara memasang STB Matrix Apple Merah yang baik dan benar

Cara pemasangan STB atau Set Top Box ke televisi biasanya sama untuk semua merk, hanya penyetelannya saja yang berbeda.

Gambar: matrixparabola

Namun di sini, aLez akan memberitahukan bagaimana cara memasang STB merk Matrix edisi Apple warna merah ke televisi khususnya tv tabung agar ketika dipasang langsung menyala dan tanpa kendala.

Pemasangan STB Matrix Apple Merah ini sama dengan STB Matrix Apple warna lainnya seperti Silver dan Kuning, hanya mungkin tampilan menu awalnya saja yang berbeda.

Cara memasang STB Matrix Apple Merah

Hal-hal yang perlu kita siapkan yaitu STB dan kabel penghubungnya, baik RCA maupun HDMI. Remote tv dan remote STB, pastikan keduanya telah diisi baterai. Dan antena televisi, baik antena indoor maupun outdoor.

Sebagai informasi bahwa paket pembelian Matrix Apple Merah ini termasuk di dalamnya Set Top Box, kabel RCA tiga warna, remote beserta baterai, dan kartu garansi. Sementara untuk kabel HDMI dijual terpisah.

Berikut adalah cara pemasangan STB Matrix Apple

1. Matikan televisi dan cabut stekernya dari stop kontak. Dan jangan dulu menghubungkan STB ke listrik.

2. Hubungkan jack antena televisi ke port antena STB yang berada di bagian belakang. Pastikan memasukkan jack antena ke port yang benar karena terdapat dua jenis port antena yang berbeda. Pilih yang bertuliskan ANT IN

3. Selanjutnya, pasang kabel penghubung antara tv dan STB. Dalam praktik ini, aLez menggunakan kabel RCA atau tiga kabel berwarna yaitu putih, merah, kuning. Dan tv yang digunakan adalah tv tabung. Pasangkan kabel sesuai warnanya, baik ke port di tv maupun di STB.

Pun jika menggunakan kabel HDMI, kita hanya perlu menghubungkan jack kabel HDMI ke port yang benar.

4. Setelah itu, hubungkan/colokkan steker tv ke stop kontak lalu nyalakan tv. Setelah tv menyala dalam tampilan blank hitam, gunakan remote tv untuk memindahkan mode ke AV (Audio Video) dan biarkan tampilan tv berwarna biru. Biasanya pada remote ditunjukkan dengan tombol tv/av. Sedangkan jika menggunakan kabel HDMI maka mode yang perlu dipilih pada televisi adalah HDMI, bukan AV.

5. Selanjutnya, hubungkan steker STB ke stop kontak. Lihat pada layar STB, di sana akan terdapat tulisan boot yang menandakan bahwa STB sedang bersiap untuk menyala. Beberapa saat kemudian, layar tv akan menampilkan logo Matrix diikuti oleh tulisan Apple HD.

Jika layar STB tidak menunjukkan tulisan boot, cukup tekan tombol power pada remote STB.

6. STB akan menampilkan tampilan awal berupa pengaturan dengan dengan judul Petunjuk pemasangan. Silakan atur seperti ini menggunakan remote STB:

  • Bahasa OSD: Biarkan default (Indonesia)

  • Negara: Biarkan default (Indonesia)

  • Jenis Pencarian: Biarkan default (Semua)

  • Mode Pencarian: Pilih DVB T2

  • Daya Antena: Pilih Off jika menggunakan antena UHF biasa. Sebaliknya, pilih On jika menggunakan antena khusus yang memerlukan daya tambahan seperti misalnya antena yang membutuhkan daya listrik.

  • Location Code: Isi dengan kode pos wilayah tempat tinggal kita. Kode ini diperlukan untuk fitur EWS (Early Warning System) atau Sistem Peringatan Dini untuk bencana alam yang berfungsi untuk mengingatkan kita apabila akan terjadi bencana alam di wilayah yang terkait dengan kode pos.

  • Selanjutnya, arahkan ke Cari Siaran lalu tekan tombol OK. Tunggu hingga proses pencarian siaran selesai.

    Saluran akan tersimpan secara otomatis. Tekan tombol Exit untuk keluar dari menu.

Selesai, STB siap digunakan untuk menonton siaran televisi digital.

Apabila ingin melakukan pencarian ulang, kita bisa mengaksesnya dengan menekan tombol Menu pada remote STB. Kemudian pada daftar menu yang tampil, pilih Pencarian.

Catatan

Jika menggunakan STB Matrix Apple maka untuk mematikan tv, kita perlu menggunakan 2 remote karena remote STB hanya untuk mematikan STB sementara remote tv untuk mematikan tv. Sehingga yang perlu diperhatikan adalah jika ingin mematikan tv maka matikan menggunakan remote STB, setelah itu baru matikan menggunakan remote tv.

STB Matrix Apple dapat digunakan dengan antena indoor maupun outdoor. Hanya kualitas sinyal saja yang berbeda.

Apabila menggunakan antena indoor, biasanya sering hilang sinyal, bahkan pada saluran televisi terkenal sekalipun. Sehingga jika channel/saluran televisi favorit kita tidak tampil, sebaliknya layar televisi hanya menampilkan tulisan tidak ada sinyal maka itu artinya antena tidak dapat menangkap sinyal saluran. Solusinya yaitu dengan menggeser posisi antena.

Siaran televisi digital diklaim memiliki gambar jernih dan tidak akan ada semut. Memang, ketika sinyal tidak tertangkap dengan baik oleh antena, tidak ada semut. Tapi diganti oleh gambar yang rusak, pecah, atau dalam istilah grafik video disebut sebagai nge-lag.

Apabila setelah pencarian siaran terdapat beberapa saluran yang tidak tertangkap maka lakukan pencarian ulang dengan memposisikan antena di tempat yang dirasa baik.

Sebagai informasi tambahan, STB Matrix Apple Merah HD adalah tipe yang paling mahal dibanding Silver dan Kuning karena memiliki fitur yang sangat bagus bahkan jika dibandingkan dengan STB merk lain. Pada bulan Oktober 2022, harga STB Matrix Apple Merah HD ini sekitar 220ribu. Sedangkan pada saat alez beli di bulan November, harga paling murah adalah 295ribu. Bahkan ada yang menjualnya seharga 400ribu.

© aLeziana

Tentang Penulis :

Hai, Saya adalah seorang blogger yang senang mempelajari berbagai macam hal, terutama seni, teknologi, dan ilmu pengetahuan umum. Saya membuat blog ini bertujuan untuk berbagi hal yang bermanfaat, termasuk hal yang telah saya pelajari.

Artikel Terkait

Post Terbaru Post Sebelumnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar