Cara menonaktifkan putar otomatis video di aplikasi Facebook versi baru

Facebook telah banyak melakukan perubahan, baik pada tampilan, fitur, maupun kebijakan yang bagi beberapa pengguna justru dianggap menyulitkan. Perubahan tidak hanya di aplikasi melainkan di browser juga.

Salah satu perubahan yang memang agak menyulitkan yaitu tampilan menu pengaturan yang membuat pengguna harus kembali beradaptasi. Itu karena banyak pengaturan umum yang dipindahkan ke menu lain di mana salah satu contohnya yaitu pengaturan untuk memilih mode putar video.

Pengaturan pemutaran video ini posisinya seolah-olah tersembunyi karena letaknya berada cukup jauh dari menu awal padahal pengaturan ini cukup penting mengingat video di Facebook tidak hanya bisa dilihat melalui fitur video melainkan muncul di timeline juga.

Kerugian putar otomatis

Video di Facebook secara default diputar otomatis di mana ini menurut aLez cukup mengganggu karena selain menguras kuota data internet juga mengganggu kinerja halaman Facebook itu sendiri. Apalagi jika diakses di perangkat yang spesifikasinya rendah atau perangkat lawas, tentunya Facebook di aplikasi maupun di browser akan nge-lag bahkan crash. Lagipula, tidak semua video yang ada di timeline menarik untuk ditonton.

Sehingga dengan ini kita perlu mematikan putar otomatis video di Facebook supaya kuota data internet lebih hemat dan kinerja Facebook lebih baik.

Cara menonaktifkan putar otomatis video Facebook di aplikasi versi baru

Jika pada versi lama, untuk menonaktifkan putar otomatis video dapat dilakukan melalui ikon hamburger tiga garis di pojok kanan atas » Pengaturan & Privasi » Pengaturan » Media.

Akan tetapi pada aplikasi versi baru sudah diubah, dan berikut adalah cara menonaktifkan putar otomatis video Facebook di aplikasi Facebook versi baru yang caranya mungkin sama dengan Facebook Lite dan Facebook browser mobile dan desktop.

Artikel - Cara menonaktifkan putar otomatis video Facebook

1. Buka aplikasi Facebook hingga halaman menampilkan beranda atau timeline.

2. Klik ikon hamburger di pojok kanan atas untuk masuk ke halaman Menu.

3. Pada halaman Menu, gulir ke bawah lalu klik Pengaturan & Privasi hingga memunculkan sederet pengaturan.

4. Klik Pengaturan hingga masuk ke halaman Profil.

5. Pada halaman Profil ini, klik Pengaturan profil hingga masuk ke halaman Privasi.

6. Selanjutnya gulir halaman ke bawah hingga menemukan Media dan Kontak, kemudian klik Media dan Kontak di bawahnya hingga halaman masuk ke pengaturan media.

7. Gulir halaman ke bagian bawah hingga menemukan pilihan Putar otomatis lalu klik untuk mengatur mode pemutaran video.

8. Pada halaman pemutaran otomatis, pilih Jangan Pernah Putar Video Otomatis. Sampai di sini kita telah berhasil mematikan putar otomatis video Facebook.

Selesai, silakan kembali ke timeline dengan menekan tombol kembali. Dan video pun kini tidak akan diputar secara otomatis.

Video - Cara menonaktifkan putar otomatis video Facebook di aplikasi versi baru

Catatan

Facebook selalu melakukan update, dan menu pengaturan mungkin kembali diubah sehingga cara di atas suatu waktu bisa saja sudah tidak berlaku.

© aLeziana

Tentang Penulis :

Hai, Saya adalah seorang blogger yang senang mempelajari berbagai macam hal, terutama seni, teknologi, dan ilmu pengetahuan umum. Saya membuat blog ini bertujuan untuk berbagi hal yang bermanfaat, termasuk hal yang telah saya pelajari.

Artikel Terkait

Post Terbaru Post Sebelumnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar