Keunggulan Yandex Browser

Selain mesin telusur, Yandex juga merilis browser bernama Yandex browser yang tersedia untuk komputer PC dan handphone.

Yandex browser merupakan browser berbasis chromium yang artinya menggunakan mesin browser yang sama dengan yang digunakan oleh Google Chrome. Namun mengenai fitur, Yandex jauh lebih unggul.

Untuk versi komputer PC, Yandex menyebutnya sebagai Yandex desktop. Sedangkan untuk versi mobile terdapat beberapa versi yang mana versi yang paling umum di antaranya yaitu Yandex Alpha, Yandex Beta, dan Yandex Lite.

Menurut informasi, Yandex Alpha merupakan browser stabil. Sementara Yandex Beta merupakan browser eksperimental. Pada perangkat Android, keduanya hanya bisa diinstal di Android 6.0 Marshmallow dan yang lebih baru.

Sedangkan Yandex Lite merupakan browser sederhana yang bisa diinstal di Android versi yang lebih lama dari 6.0.

Keunggulan Yandex browser

Berikut adalah beberapa keunggulan Yandex browser berdasarkan pengalaman penggunaan.

Yandex Desktop di PC dan Yandex Alpha di Android

1. Mode Pembaca

Sama seperti browser Firefox, Yandex browser memiliki Mode Pembaca yang mana Mode Pembaca ini dapat mengubah tampilan halaman artikel sebuah situs atau blog menjadi lebih sederhana yang hanya menampilkan artikel dan gambar saja tanpa ada tab dan fitur-fitur situs lainnya bahkan iklan pun menghilang dari halaman Mode Pembaca tersebut.

Akan tetapi, terkadang ada juga beberapa situs yang tak dapat dimuat pada Mode Pembaca dengan ditandai oleh icon Mode Pembaca hilang dari tempatnya sehingga apabila kamu mendapati icon Mode Pembaca tersebut menghilang ketika kamu mengakses sebuah situs maka itu berarti halaman situs tersebut tidak tersedia dalam Mode Pembaca atau tidak dapat dilihat menggunakan Mode Pembaca.

Untuk dapat menggunakan Mode Pembaca di Yandex versi desktop, kamu hanya perlu melihat icon Mode Pembaca di atas sebelah kanan kolom penelusuran. Klik icon tersebut maka halaman situs yang sedang dikunjungi akan dimuat ulang untuk kemudian masuk ke Mode Pembaca.

Sedangkan di Yandex Alpha, Mode Pembaca dapat dipilih pada menu browser.

2. Mendukung ekstensi

Baik di komputer PC maupun di handphone Android, Yandex browser merupakan browser yang lebih banyak mendukung ekstensi dibanding browser lain. Contohnya adalah ekstensi FastForward yang dapat dipasang di Yandex Desktop dan Yandex Alpha.

3. Cepat dan ringan

Selama menggunakan browser Yandex, aktifitas browsing dirasa sangat cepat karena browser ini cukup ringan. Terutama ketika digunakan menonton video Youtube melalui Bing. Bahkan kecepatan download di Yandex Alpha cukup dapat diandalkan.

Yandex Desktop

1. Mesin telusur custom

Khusus untuk versi komputer PC, Yandex memiliki keunggulan seperti Google Chrome yaitu dapat menentukan mesin penelusuran sendiri di mana hal ini dapat membantu kita menonaktifkan Google SafeSearch.

Caranya yaitu dengan masuk ke menu pengaturan, kemudian cari pengaturan untuk mesin telusur.

Setelah masuk menu mesin telusur, klik Add hingga muncul form untuk menambahkan mesin telusur custom.

  • Isikan nama apapun untuk menamai mesin telusur custom ini pada kolom Name. Misalkan itu akan diisi dengan nama My Google atau bahkan dengan nama Google Khusus pun boleh.

  • Pada kolom Key, masukkan https://google.com.sg

  • Lalu pada kolom terakhir, isi dengan https://www.google.com.sg/search?q=%s&PC=U316&FORM=CHROMN untuk kemudian klik tombol Add.

Setelah itu, sorot pada mesin telusur khusus yang baru saja dibuat yang mana itu akan ditandai dengan nama yang tadi telah kamu tentukan. Lalu pada pilihan yang muncul, pilih Set as default.

Selanjutnya, silakan coba browsing untuk mencari kata-kata 'tertentu'. Kata pencarian boleh dimasukkan melalui kolom pencarian maupun address bar.

2. Screenshot

Pada Yandex versi Desktop juga memiliki fitur screenshot atau tangkapan layar yang boleh dijadikan sebagai alat tangkapan layar default komputer.

Untuk mengaturnya, kita bisa pergi ke pengaturan browser.

  • Gulir ke bagian bawah hingga menemukan bagian Screenshots.

  • Kemudian aktifkan tanda centang pada pilihan Allow the browser to take screenshots.

  • Selanjutnya atur tombol yang akan digunakan untuk melakukan screenshot pada pilihan Use keyboard shortcuts.

  • Selesai, sekarang coba lakukan screenshot pada layar komputer.

Setelah kita melakukan screenshot maka Yandex akan secara otomatis membuka editor foto miliknya. Di sini kita dapat mengedit hasil tangkapan layar sebelum menyimpannya.

Walaupun fitur yang tersedia pada editor foto Yandex sangat sederhana atau boleh dikatakan standar, namun itu sudah cukup bagus karena di sana juga tersedia fitur untuk menambah teks.

Yandex Lite Android

1. Cepat dan ringan

Dikarenakan versi sederhana maka Yandex Lite tidak memiliki fitur layaknya browser umum, namun justru kekurangan ini menjadi kelebihan bagi Yandex Lite karena dengan tidak adanya fitur maka kinerja browser menjadi sangat ringan dan cepat.

2. Solusi browsing untuk Android versi lama

Pada handphone Android OS 5.1.1 Lollipop dan yang lebih lama, biasanya banyak situs yang tidak kompatibel dengan browser utama seperti Chrome dan browser bawaan handphone. Maka dari itu, kita bisa mencoba menggunakan Yandex Lite karena berdasarkan pengalaman, situs yang tidak kompatibel dapat diakses dengan lancar. Contohnya yaitu Yougov dan PayPal, bahkan situs belanja online yang ketika dibuka di aplikasi sangat berat, dapat diakses dengan lancar kecuali situs belanja ToPed yang tidak mengizinkan situsnya dibuka di Yandex Lite.

Kekurangan Yandex browser

Salah satu hal yang membuat kurang nyaman pada versi komputer dari Yandex ini adalah saat memutar video yang alamat URL videonya langsung dari sumber. Tampilan tombol navigasi pemutar videonya jelek.

Pada versi Android, khususnya Yandex browser Alpha, menu-menu browser tampak agak aneh dan bahkan sangat berbeda dari browser pada umumnya sehingga untuk yang baru menggunakannya mungkin akan kebingungan dan harus beradaptasi.

Catatan

Dikarenakan milik Yandex maka mesin telusur bawaan dari browser Yandex adalah yandex.ru berbahasa Rusia sehingga jika ingin hasil penelusuran menampilkan bahasa Inggris maka kita perlu mengubahnya menjadi yandex.com.

Sedangkan apabila ingin mesin telusur menjadi Google maka kita hanya perlu mengubahnya di pengaturan browser.

Kecuali untuk Yandex Lite, mesin telusur tidak bisa diganti sehingga apabila kita ingin menampilkan hasil penelusuran Google maka kita perlu mengunjungi google.com terlebih dahulu.

Namun kelebihan dari mesin telusur yandex.ru di browser Yandex Lite adalah tidak adanya SafeSearch, sehingga jangan terkejut ketika kita mengetikkan satu huruf di kolom pencarian kemudian saran otomatis pencarian menampilkan kata-kata bokeh atau museum.

© aLeziana

Tentang Penulis :

Hai, Saya adalah seorang blogger yang senang mempelajari berbagai macam hal, terutama seni, teknologi, dan ilmu pengetahuan umum. Saya membuat blog ini bertujuan untuk berbagi hal yang bermanfaat, termasuk hal yang telah saya pelajari.

Artikel Terkait

Post Terbaru Post Sebelumnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar