Cara menginstal Play Store dan aplikasi Google di Xiaomi Redmi 2 Prime China

Pada handphone Xiaomi Redmi 2 Prime versi China yang memiliki nomor model 2014813 biasanya tidak terdapat aplikasi Play Store dan aplikasi Google lainnya kecuali browser Chrome, Setelan Google, Google keyboard Gboard, dan Google Foto, padahal pada umumnya semua handphone dengan OS Android selalu menyertakan aplikasi-aplikasi milik Google sebagai aplikasi bawaan seperti di antaranya yaitu Play Store, Google (Quick Search), GMail, dan aplikasi lainnya.

Itu karena Redmi 2 Prime 2014813 merupakan handphone yang khusus dibuat untuk pasar China dan semua handphone China tidak menyertakan aplikasi Google sebagai aplikasi bawaan sehingga kita harus menginstalnya secara manual melalui berbagai cara.

Bahkan, apabila kita mengembalikan maupun mengupgrade OS pada Redmi 2 Prime China melalui flashing maka setelan sistem akan kembali default yaitu bawaan untuk pasar China yang tanpa menyertakan aplikasi Google sebagai aplikasi default.

Dan biasanya, pada Redmi 2 yang tidak memiliki aplikasi Play Store, di setelan lokasi akan terpilih China sebagai lokasi default dan tidak bisa diubah.

Nah, cara menginstal Play Store dan aplikasi Google lainnya di Xiaomi Redmi 2 Prime 2014813 yang akan aLez beritahukan di bawah ini merupakan cara termudah yaitu dengan hanya menginstal Play Store dari file mentah .apk kemudian aplikasi lain dapat diinstal melalui Play Store tersebut setelahnya.

Baik, silakan download terlebih dahulu file aplikasi Play Store pada tautan ini: Play Store Xiaomi Redmi 2

Sebagai catatan, bahwa file Play Store ini merupakan hasil backup dari handphone Xiaomi Redmi 2 Prime 2014813 dan sudah berulang kali berhasil digunakan untuk mengatasi Play Store hilang di Xiaomi Redmi 2, sudah dites dan cocok untuk seri 2014811, 2014813, dan 2014817, dengan OS Android 5.1.1 Lollipop.

Versi aplikasi pun merupakan versi lama karena memang versi inilah yang cocok, sementara jika kita sengaja mendownload Play Store versi terbaru di situs-situs seperti apkpure, apkmirror, dan sebagainya, biasanya tidak akan terinstal walaupun aplikasi tersebut khusus untuk Redmi 2 Prime.

Namun tak perlu khawatir karena Play Store tersebut dapat diperbarui ke versi yang paling baru dan itu sebuah keharusan karena jika tidak diupdate maka tidak akan bisa mendownload aplikasi.

Cara menginstal Google Play Store di Xiaomi Redmi 2 Prime China

Setelah file berhasil didownload, silakan instal dengan terlebih dahulu mengaktifkan Sumber tidak dikenal di Setelan » Setelan tambahan » Privasi.

Apabila file sudah terinstal silakan buka. Jika kita belum menambahkan akun Google maka Play Store akan meminta kita untuk login menggunakan akun Google. Silakan login saja atau buat akun baru juga boleh.

Dari sini, kita belum bisa mendownload aplikasi karena Play Store belum diupdate. Adapun bila kita memaksakan untuk mendownload maka akan terdapat banyak kendala seperti proses download tidak berjalan, atau Play Store malah crash.

Untuk itu, kita perlu mengupdate aplikasi Play Store dengan cara masuk ke pengaturan melalui profil akun di Play Store, kemudian pilih Setelan » Tentang » Versi Play Store. Dan untuk memperbaruinya, kita perlu mengetuk dua kali pada pilihan Versi Play Store hingga muncul pop up pemberitahuan bahwa aplikasi akan diperbarui.

Pada proses ini, kita harus menunggu beberapa menit hingga Play Store selesai diupdate. Proses download update tidak akan terlihat, namun proses penginstalan update akan muncul di tray notifikasi.

Jika Play Store sudah selesai diupdate maka selanjutnya yaitu mengupdate Google Play Services. Untuk mengupdatenya, kita perlu terlebih dahulu mendownload atau mengupdate salah satu aplikasi di Play Store.

Bersamaan dengan proses download, akan muncul pemberitahuan untuk mengupdate Google Play Services. Klik notifikasi tersebut hingga kita diarahkan ke aplikasi bernama Perkhidmatan Google Play, kemudian klik saja tombol update hingga proses update selesai.

Sampai di sini, kita telah selesai menginstal Play Store dan siap menggunakannya. Selanjutnya, silakan mulai mendownload aplikasi lainnya seperti biasanya

© aLeziana

Tentang Penulis :

Hai, Saya adalah seorang blogger yang senang mempelajari berbagai macam hal, terutama seni, teknologi, dan ilmu pengetahuan umum. Saya membuat blog ini bertujuan untuk berbagi hal yang bermanfaat, termasuk hal yang telah saya pelajari.

Artikel Terkait

Post Terbaru Post Sebelumnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar