Mengatasi Mi Flash Tool tidak bisa flashing

Ada banyak jenis error yang biasa terjadi pada Mi Flash Tool, dan beberapa di antaranya merupakan kesalahan umum yang dapat dengan mudah dicari solusinya karena sudah banyak orang yang membagikan cara mengatasinya.

Namun terdapat salah satu error pada Mi Flash Tool yang tidak biasa dan sangat tidak umum yang bahkan mungkin belum banyak orang yang membagikan solusinya.

Error tersebut yaitu Mi Flash Tool tidak bisa melakukan proses flashing. Sebagai gantinya, status pada Mi Flash Tool menunjukkan proses selesai dalam waktu 0 detik.

Hal ini pernah aLez alami saat melakukan flashing handphone Xiaomi Redmi 2 milik teman. Di mana saat itu, ketika semua sudah siap, bahkan mode fastboot pada handphone pun terbaca dengan baik oleh PC, namun ketika mengklik tombol flash, Mi Flash Tool hanya berjalan 1 detik dan status menunjukkan The operation completed successfully - 0 second.

Hal tersebut tidak membuat perubahan apapun pada handphone yang diflash, yang mana itu artinya Mi Flash Tool seolah-olah mengalami error.

Penyebab kesalahan tersebut sebenarnya bukan Mi Flash Tool, bukan pula versinya, atau bahkan driver dan kabel USB, melainkan PC komputer/laptop yang digunakan.

Sebagai bukti, simak urutan kejadian yang aLez alami berikut ini:

Setiap melakukan flashing handphone Xiaomi, aLez selalu menggunakan Mi Flash Tool 2015 dan selalu berhasil, baik terhadap Redmi 2 2014811, 13, dan 17, Redmi 5A, maupun Redmi 6A.

Singkat cerita, OS laptop yang biasa digunakan untuk flashing, diupgrade ke Windows 10. Namun dikarenakan prosesor laptop menggunakan versi jadul yaitu Intel Atom maka kinerjanya lambat. Sehingga, aLez memutuskan untuk menginstal kembali Windows 7.

Setelah instal ulang selesai, dan driver serta Windows Update terinstal, kemudian muncul sebuah keanehan pada fitur CMD yaitu hasil perintah muncul di jendela baru. Tentu saja hal ini sangat mengganggu karena ketika melakukan flashing melalui CMD maka prosesnya tidak terlihat.

Kemudian ketika menggunakan Mi Flash Tool untuk flashing, terjadilah error yang dimaksud seperti di atas.

Jadi, solusi yang aLez lakukan yaitu kembali menginstal ulang laptop dan memastikan jika tidak ada keanehan yang terjadi pada laptop setelah diinstal ulang terutama pada fitur CMD.

Baru setelah laptop normal seperti semula, maka Mi Flash Tool pun bisa kembali digunakan dengan lancar tanpa kendala.

Jadi, apabila kalian mengalami hal yang sama pada Mi Flash Tool seperti kejadian di atas maka langkah awal yang perlu dilakukan adalah dengan mengecek terlebih dahulu PC yang digunakan, apakah bermasalah, atau setidaknya memiliki kinerja yang tidak normal seperti PC lain pada umumnya.

Dan solusi awal yang paling sederhana adalah seperti yang dilakukan oleh salah satu member forum XDA yaitu dengan mencoba menjalankan Mi Flash Tool tersebut di PC komputer/laptop lain.

Cara tersebut cukup efektif daripada harus mendownload versi lain dari Mi Flash Tool apalagi harus mencoba satu persatu demi menemukan versi yang cocok dengan PC.

© aLeziana

Tentang Penulis :

Hai, Saya adalah seorang blogger yang senang mempelajari berbagai macam hal, terutama seni, teknologi, dan ilmu pengetahuan umum. Saya membuat blog ini bertujuan untuk berbagi hal yang bermanfaat, termasuk hal yang telah saya pelajari.

Artikel Terkait

Post Terbaru Post Sebelumnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar