Dinamo servo merk apa yang bagus untuk mesin jahit

Begitu banyak pilihan dinamo servo yang beredar di pasaran, baik secara online maupun offline sehingga terkadang membuat kita bingung dalam menentukan pilihan.

image: ebay

Kondisi ini tentu membuat kita bertanya, dinamo servo merk apa yang bagus untuk mesin jahit? Apakah yang harganya mahal ataukah yang spesifikasi dan fiturnya yang bagus dan lengkap? Atau bahkan perlu dilihat dari merknya yang sudah terkenal?

Pada artikel ini, aLez tidak hanya akan memberitahukan informasi mengenai merk dinamo servo yang bagus akan tetapi, juga akan memberikan informasi lainnya yang aLez ketahui mengenai dinamo servo karena aLez juga pernah bekerja di pabrik garment selama 4 tahun sebagai operator jahit dan saat ini pun masih aktif menjahit di rumah walaupun tidak terlalu sering.

Merk dinamo servo terbaik

Baik, jika ingin mengetahui merk dinamo servo terbaik dan yang paling bagus maka itu adalah Juki dan Brother.

Namun sayangnya, dinamo servo merk Juki dan juga Brother tidak dijual secara terpisah yang artinya tidak diproduksi secara masal sebagai dinamo servo umum yang dapat dipasang di semua merk mesin jahit, setidaknya di Indonesia.

Dengan kata lain, dinamo servo merk Juki dan Brother hanya dikhususkan untuk mesin jahit Juki dan Brother itu sendiri dan sudah terintegrasi/dipasangkan dari pabriknya untuk setiap mesin jahit yang biasa disebut sebagai mesin jahit servo motor.

Sehingga, terdapat 2 kategori dinamo servo untuk mesin jahit yang di antaranya yaitu dinamo servo bawaan mesin jahit servo motor dan dinamo servo umum.

Dinamo servo mesin jahit servo motor bawaan pabrik

Dinamo servo bawaan pada mesin jahit servo motor model lama disertai operation panel yang bentuknya seperti kalkulator, yang dipasang di bagian atas di belakang body mesin jahit, memiliki layar digital dan tombol yang berfungsi untuk mengontrol mesin jahit dengan fitur yang lengkap seperti menyesuaikan kecepatan laju dinamo, mengatur posisi jarum, dan lain sebagainya. Contoh dapat dilihat pada Brother S-7200C dan Juki DDL-9000B.

Sedangkan untuk model baru, operation panel diganti dengan control box yang disebut sebagai direct drive yang dipasang di bagian kanan mesin jahit yang tepatnya menyatu dengan pulley/puli. Model ini ada dijual secara umum dan bisa dipasang di mesin jahit merk apapun. Model mesin jahit yang menggunakan direct drive adalah Juki DDL-8900D.

Sedangkan untuk model yang paling baru, konsepnya adalah penggabungan antara direct drive dengan panel. Sehingga memiliki bentuk yang unik yaitu dengan menanamkan sebuah panel ke body mesin jahit yang dapat dilihat pada Juki DDL-8000A, Brother S-6280A, Typical GC-6158MD. Walaupun sebenarnya model seperti ini sudah terlebih dahulu digunakan oleh Brother pada model DB2-B755-403A MARK III.

Dikarenakan konsepnya digital disertai dengan fitur pengontrol, maka mesin jahit jenis ini disebut juga sebagai mesin jahit computerized atau yang dikomputerisasi atau juga terkomputerisasi.

Dinamo servo mesin jahit umum

Dikarenakan merk dinamo servo terbaik tidak dijual secara terpisah dan hanya tersedia pada mesin jahit model khusus, maka yang dapat kita beli adalah dinamo servo yang dijual secara umum.

Seperti penjelasan di atas bahwa dinamo servo direct drive juga dijual secara umum sehingga akan terdapat 2 pilihan jenis bagi kita untuk memilihnya yaitu direct drive dan dinamo servo biasa.

Sebagai saran, sebaiknya pilih dinamo servo biasa saja karena direct drive harganya lebih mahal dan pemasangannya pun cukup merepotkan, bahkan menu pengaturan di control box pun lebih membingungkan. Sehingga pada artikel ini aLez hanya akan membahas mengenai dinamo servo biasa.

Merk dinamo servo umum yang bagus

Berbicara mengenai merk dinamo servo mana yang bagus sebenarnya yang beredar di pasaran Indonesia ini sama saja karena merk-merk yang aLez ketahui rata-rata buatan China.

Sebagai contoh, merk dinamo servo yang dijual di pasaran Indonesia yaitu Jack, Yamata, Takatori, Hakatori, Benho, Miqi, Kaesar, Yuasa dan Tian Hong, dan sebagainya, yang kesemua dari merk tersebut adalah produk China, hanya model dan harganya saja yang berbeda.

Oleh sebab itu, merk tidaklah terlalu penting karena rata-rata kualitas dari mereka semua sama. Hal ini boleh dibandingkan dengan handphone-handphone buatan China yang rata-rata memiliki kualitas sama. Mungkin hal tersebut dikarenakan komponen dan sparepart yang digunakan oleh setiap produsen berasal dari pemasok elektronik yang sama.

Tips memilih dinamo servo

Walaupun demikian, aLez memiliki saran untuk kalian yang bingung dalam menentukan pilihan merk dinamo servo mana yang akan dibeli. Di bawah ini terdapat beberapa saran menurut kategori.

Antisipasi error pada control box dinamo servo

Dikarenakan dinamo servo berbasis digital maka saat terdapat kerusakan atau error tentunya kita tidak bisa dengan mudah mengatasinya sendiri, apalagi panduan yang menyertai produk biasanya ditulis dalam bahasa China dan Inggris sehingga kita akan kesulitan memahaminya.

Oleh karena itu, pilihlah merk dinamo servo yang banyak digunakan oleh orang lain sehingga ketika kita mendapati dinamo servo error pada control box maka kita bisa mencari atau menanyakan solusinya, setidaknya melalui internet dan sosial media. Dan merk yang cocok dalam hal ini adalah Takatori yang saat ini cukup banyak digunakan.

Merk profesional

Jika ingin merk yang profesional atau setidaknya terpercaya dalam pembuatan sparepart mesin jahit termasuk dinamo dan mesin jahit itu sendiri maka akan terdapat beberapa merk yang mana di antaranya yaitu:

1. Jack

Merk Jack sendiri adalah milik Jack yang juga berperan sebagai produsen mesin jahit merk Jack. Sehingga apabila kita lebih memilih produk terpercaya dari ahli mesin jahit maka kita bisa memilihnya.

2. Yuasa dan Tian Hong

Merk Yuasa dan kabarnya Tian Hong juga adalah milik Yuasa yang sudah terkenal dalam bidang pembuatan dinamo mesin jahit biasa non servo. Sehingga merk Yuasa juga termasuk ke dalam merk terpercaya.

3. Yamata dan beberapa merk lainnya

Beberapa merk berikut adalah milik perusahaan yang juga bertindak sebagai pembuat mesin jahit dan sparepartnya. Di antaranya yaitu Yamata, Takatori, Benho, Hakatori, Kaesar.

Sedangkan untuk beberapa merk berikut, aLez belum bisa memberikan review. Diantaranya yaitu Kirin dan Sewpower.

Model dan kenyamanan

Beberapa merk ada yang memiliki model dan fitur yang nyaris sama, hanya beda warna saja. Akan tetapi beberapa merk profesional tentu memiliki model yang berbeda sama sekali dan ini setidaknya mempengaruhi kenyamanan saat menggunakan.

Terdapat beberapa model dinamo servo yang dapat dipilih sesuai kenyamanan yaitu:

1. Model terpisah

Model ini memisahkan antara control box dan dinamo sehingga control box dapat ditempatkan di area manapun dan switch on off berada dalam control box. Ini berlaku untuk merk Jack dan Benho pada beberapa model. Sedangkan untuk merk lain hingga saat artikel ini ditulis belum merilis model semacam itu.

2. Model semi terpisah

Pada model ini, control box memang terpisah dari dinamo, akan tetapi disejajarkan dengan dinamo pada dudukan yang sama. Model seperti ini memiliki 2 varian pada penempatan tombol switch, steker, atau on off.

  • Tombol switch berada pada control box sehingga untuk menyalakan dinamo cukup jauh. Ini berlaku di banyak merk pada beberapa model.

  • Tombol switch terpisah seperti steker mesin jahit dinamo biasa, di mana ini membuat kita lebih mudah saat akan menyalakan dan mematikan mesin jahit. Beberapa model dari setiap merk menggunakan konsep ini.

3. Model menyatu

Pada model ini, control box menyatu dengan dinamo sehingga cocok untuk kita yang menyukai desain yang sederhana. Contoh modelnya ada pada salah satu produk dari merk Yuasa termasuk Tian Hong.

4. Penutup puli dinamo

Hanya beberapa model saja yang menyertakan cover atau penutup untuk puli dinamo. Walaupun terlihat tidak penting namun ini sangat bermanfaat bagi penjahit yang memiliki anak kecil atau bahkan hewan peliharaan di rumah agar terlindung dari menyentuh puli dinamo. Saat ini merk yang menyertakan cover puli dinamo adalah Takatori pada beberapa model dinamo servonya.

5. Tombol pengaturan

Beberapa model hadir dengan tombol pengaturan yang sederhana yaitu min (-) dan plus (+) saja, namun beberapa model lainnya hadir dengan tombol yang cukup banyak walaupun fiturnya sama dengan yang sederhana.

6. Harga

Sebenarnya mengenai harga, itu bervariasi tergantung penjual dan model. Akan tetapi di sini aLez mengambil harga umum dan estimasi harga setiap model.

Berikut adalah daftar harga dinamo servo dari yang termurah hingga termahal.

  • Tian Hong 450-550 ribu
  • Miqi 450-550 ribu
  • Kaesar 450-600 ribu
  • Yuasa 450-650 ribu
  • Hakatori 500-650 ribu
  • Benho 500-650 ribu
  • Yamata 500-650 ribu
  • Takatori 500-650 ribu
  • Jack 650-800 ribu

Urutan kategori dinamo servo berdasarkan harga di atas tidak selalu mewakili kualitasnya. Sehingga, harga murah belum tentu jelek, dan begitupun sebaliknya.

Mungkin hanya itu saja informasi yang bisa aLez bagikan mengenai dinamo servo mesin jahit. Apabila terdapat kekurangan atau kekeliruan mengenai informasi di atas mohon ditambahkan dan dikoreksi.

Sebagai informasi tambahan bagi kalian yang ingin tahu dinamo servo merk apa yang aLez gunakan maka jawabannya adalah Takatori model TKD-550WL yang memiliki tombol pengaturan sederhana disertai penutup puli dinamo dan modelnya adalah semi terpisah dengan tombol switch berada di control box.

Sengaja aLez memilih model dari merk ini karena memiliki fitur yang diinginkan yaitu cover atau penutup puli dinamo. Hal tersebut dikarenakan di rumah terdapat kucing peliharaan sehingga cover dapat melindungi kucing dari menyentuh puli dinamo. Selain itu, harganya cukup masuk akal yaitu sekitar 480 ribu di situs belanja online.

aLeziana

Tentang Penulis :

Hai, Saya adalah seorang blogger yang senang mempelajari berbagai macam hal, terutama seni, teknologi, dan ilmu pengetahuan umum. Saya membuat blog ini bertujuan untuk berbagi hal yang bermanfaat, termasuk hal yang telah saya pelajari.

Artikel Terkait

Post Sebelumnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar